Berkaca Tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya, Ini 10 Tips Aman Bepergian Naik Kereta

Berkaca Tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya, Ini 10 Tips Aman Bepergian Naik Kereta

Tips aman naik kereta-Tips travelling naik kereta-Website

JAKARTA, DISWAY.ID - Musibah kecelakaan terjadi antara KA Turangga dan Bandung Raya di Cicalengka, Jawa Barat.

 

Berkaca dari peristiwa ini, ada sejumlah tips untuk para calon pelancong atau penumpang jika ingin bepergian naik kereta. 

 

Sebab, bepergian dengan kereta api adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan dan belajar lebih banyak tentang kehidupan lokal. Ini juga dapat lebih hemat dan cepat. 

BACA JUGA:Penumpang KA Turangga Ungkap Detik-detik Terjadinya Tabrakan dengan KA Commuter Line: Benturan Keras, Semua Terlempar

 

Ada sejumlah tips agar tetap nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan jika memilih moda transportasi kereta untuk traveling. Bagaimana cara bepergian dengan kereta api yang aman? 

 

Tips Aman Naik Kereta

 

1. Kemasi barang bawaan dengan hati-hati

Sebelum bepergian, sebaiknya kemasi barang bawaan dengan rapi agar mudah dibawa dan diangkat. Terkadang jarak antara pintu masuk dan kereta cukup jauh, sehingga mungkin melelahkan jika membawa barang bawaan yang berat.

 

2. Lengkapi dengan kunci

Jangan lupa untuk membeli kunci koper. Jika kamu akan melakukan perjalanan jauh dengan kereta api, belilah tali pengikat yang kokoh untuk menempelkan tas ke rak yang ditinggikan. Hal ini membantu meminimalkan risiko pencurian koper. 

 

3. Miliki tas pribadi

Masukkan semua barang berharga, termasuk uang tunai, tiket, paspor, dan kartu kredit, ke dalam tas pribadi dan bawalah setiap saat. Simpan tiket kereta api dan perlengkapan yang perlu digunakan di tempat yang mudah dijangkau.

BACA JUGA:Tiga Orang Tewas dalam Kecelakaan Adu Banteng KA Turangga dan KA Commuter Bandung Raya, Ada Pramugara

4. Hindari berpindah kereta pada malam hari

Jika memungkinkan, hindari berganti kereta wisata di malam hari. Silakan baca terlebih dahulu stasiun kereta yang akan dikunjungi untuk mengetahui seberapa sering kereta terlambat dan seberapa aman kereta tersebut. Jangan mencari barang bawaan di tengah stasiun untuk mencari barang yang hilang. Jika harus menunggu beberapa jam di stasiun, carilah tempat duduk yang santai dan ringan, sebaiknya di dekat wisatawan lain.

 

5. Perhatikan barang bawaan

Bahkan di pagi hari pun, tetap masih berpotensi menjadi sasaran penjahat di stasiun kereta. Jadi, jangan mengalihkan pandangan dari barang bawaan dan waspada terhadap orang yang mendekat. Saat menunggu kereta, berdirilah di jalur yang ditentukan dan selalu simpan barang bawaan. Hindari membawa barang bawaan di belakang, karena bisa dicopet jika lengah. Hati-hati saat ke toilet. 

 

6. Jangan pernah melintasi rel

Anda tidak boleh melintasi rel untuk sampai ke peron kereta. Gunakan jalan dan tangga yang ditentukan.

 

7. Naik kereta lebih awal

Sebaiknya naik kereta sesegera mungkin, meletakkan barang bawaan di hadapan Anda. Selain itu, pastikan duduk di kursi dan gerbong yang benar. Jika ragu, tanyakan lagi.

 

8. Dengarkan pengumuman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website