Introvert dan Lebih Senang Sendiri Bisa Dapat Uang Jutaan di Negara Ini

Introvert dan Lebih Senang Sendiri Bisa Dapat Uang Jutaan di Negara Ini

Introvert di Korea Selatan-Anak muda introvert diberi uang di Korsel-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda.

Bagi mereka yang pendiam, tertutup, dan lebih senang sendiri, dijuluki dengan introvert.

Kabar gembira, justru Korea Selatan memberikan uang Rp7,5 juta untuk mereka yang introvert.

Anak muda di Korea Selatan yang begitu terisolasi dari dunia luar diberikan solusi.

Pemerintah menawarkan untuk membayar mereka agar masuk kembali ke masyarakat agar bergaul.


BACA JUGA:Korea Utara Buat Animasi Sindir Propaganda Israel, Gambarkan Kekuatan Hamas Lewat Karakter Kucing

 

Dilansir dari CNN, Jumat 5 Januari 2024, Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga mengumumkan mereka akan menyediakan hingga 650.000 won Korea (sekitar USD500) atau setara Rp7,5 juta per bulan untuk para anak muda yang terisolasi.

 

Hal itu untuk mendukung stabilitas psikologis dan emosional serta pertumbuhan yang sehat.

 

Sekitar 3,1% penduduk Korea berusia 19 hingga 39 tahun adalah “kaum muda yang kesepian dan penyendiri.

 

Mereka didefinisikan sebagai tinggal di ruang terbatas, dalam keadaan terputus dari dunia luar selama lebih dari jangka waktu tertentu.

 

Mereka mengalami kesulitan hidup yang nyata sesuai laporan kementerian, mengutip Institut Kesehatan dan Sosial Korea.

 

Program Kesehatan Mental

 

Jumlah tersebut berarti sekitar 338.000 orang di seluruh negeri, dengan 40% mulai melakukan isolasi pada usia remaja, menurut kementerian.

 

Berbagai faktor diperkirakan berperan, termasuk kesulitan keuangan, penyakit mental, masalah keluarga, atau tantangan kesehatan.

 

Langkah-langkah baru ini secara khusus menyasar kaum muda sebagai bagian dari Undang-Undang Dukungan Kesejahteraan Pemuda yang lebih besar, yang bertujuan untuk mendukung orang-orang yang sangat menarik diri dari masyarakat, serta kaum muda tanpa wali atau perlindungan sekolah yang berisiko mengalami kenakalan.

 

Tunjangan bulanan akan tersedia bagi kaum muda penyendiri berusia 9 hingga 24 tahun yang hidup dalam rumah tangga yang berpenghasilan di bawah median pendapatan nasional – yang di Korea Selatan didefinisikan sebagai sekitar 5,4 juta won (sekitar USD4.165) per bulan untuk rumah tangga beranggotakan empat orang.

 

Para pemuda dapat mengajukan permohonan untuk program ini di pusat kesejahteraan administratif setempat; wali, konselor, atau guru mereka juga dapat melamar atas nama mereka.

 

BACA JUGA:Petugas Imigrasi dan WNA Korea Sempat ke Hiburan Malam Bareng Sebelum Dieksekusi

“Kaum muda yang tertutup dapat mengalami pertumbuhan fisik yang lebih lambat karena pola hidup yang tidak teratur dan gizi yang tidak seimbang, dan kemungkinan besar akan menghadapi kesulitan mental seperti depresi karena kehilangan peran sosial dan adaptasi yang tertunda,” kata kementerian tersebut. 

 

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Korea Selatan

 

Jepang juga mempunyai masalah serupa, dengan hampir 1,5 juta anak muda penyendiri yang dikenal sebagai hikikomori, menurut survei pemerintah baru-baru ini.

 

Ada yang keluar rumah hanya untuk membeli bahan makanan atau melakukan aktivitas sesekali, ada pula yang tidak meninggalkan kamar tidurnya.

 

Ungkapan ini diciptakan di Jepang pada awal tahun 1980an.

 

Pihak berwenang di negara tersebut telah menyatakan keprihatinan yang semakin besar terhadap masalah ini selama satu dekade terakhir, namun Covid-19 justru memperburuk keadaan, demikian temuan survei tersebut.

 

Dari responden yang disurvei, lebih dari seperlima menyebutkan pandemi sebagai faktor penting dalam gaya hidup mereka yang tertutup.

 

Alasan umum lainnya yang disebutkan adalah kehamilan, kehilangan pekerjaan, pensiun dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn