Olahraga Angkat Beban Saat Hamil Apakah Aman? Simak Penjelasannya

Olahraga Angkat Beban Saat Hamil Apakah Aman? Simak Penjelasannya

Olahraga Angkat Beban Saat Hamil, Apakah Aman? Simak Penjelasannya-gpointstudio-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Mengangkat beban masa kehamilan memang bermanfaat bagi ibu hamil.

Akan tetapi memerlukan pertimbangan dan bimbingan yang cermat dari profesional kesehatan.

Olahraga beban ringan hingga sedang, yang disesuaikan dengan tingkat kebugaran individu dan tahap kehamilan, dapat membantu menjaga kekuatan.

Selain itu juga memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi ketidaknyamanan terkait kehamilan.

BACA JUGA:Simak Cara Membuat SKCK Online Terbaru 2024, Wajib Ada BPJS Kesehatan!

Namun, sangat penting untuk menghindari olahraga angkat berat dan berdampak tinggi yang memberikan tekanan berlebihan pada perut.

Wanita hamil harus fokus menjaga bentuk tubuh yang baik, bernapas dengan benar, dan mendengarkan tubuh mereka untuk mencegah cedera.

Penting juga untuk menghindari olahraga yang melibatkan berbaring telentang, terutama setelah trimester pertama, untuk memastikan aliran darah yang baik.

Melansir dari laman Sportskeeda, berikut 6 manfaat angkat beban saat hamil:

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Terbaru Hari Ini, Sabtu 13 Januari 2024: Aman dari Hujan?


Ibu Hamil/ilustrasi-freepik-Berbagai sumber

- Memperkuat Otot: Latihan beban membantu menjaga dan membangun kekuatan otot. Otot yang lebih kuat dapat menopang beban ekstra saat hamil, sehingga mengurangi ketegangan pada tubuh Anda. Hal ini sangat berguna untuk punggung, kaki, dan otot inti, yang menanggung beban berat saat hamil.

- Memperbaiki Postur Tubuh: Saat perut Anda membesar, pusat gravitasi Anda bergeser, yang dapat menyebabkan perubahan postur dan nyeri punggung. Latihan kekuatan secara teratur membantu memperkuat punggung dan inti, meningkatkan postur tubuh yang lebih baik dan mengurangi ketidaknyamanan.

- Meningkatkan Suasana Hati dan Tingkat Energi: Olahraga, termasuk angkat beban, melepaskan endorfin, yang merupakan pengangkat suasana hati alami. Ini dapat membantu melawan kelelahan dan perubahan suasana hati terkait kehamilan, membuat Anda merasa lebih berenergi dan positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: