FAST 'Lithium Fire Killer', Jamin Keselamatan Pengguna Kendaraan Listrik dari Ledakan Baterai

FAST 'Lithium Fire Killer', Jamin Keselamatan Pengguna Kendaraan Listrik dari Ledakan Baterai

FAST ‘Lithium Fire Killer’ tipe Hartindo AF31 ini didesain untuk baterai yang tingkat apinya sampai 1000 derajat celcius ke atas-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sejak pertama kali berdiri, PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) selaku ‘exclusive distributor’ pemadam api Hartindo AF31 atau yang dikenal sebagai “Lithium Fire Killer” berkomitmen untuk mengawal keamanan dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

FAST sebagai pengusaha melihat adanya peluang untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara dengan memberikan rasa aman dalam berkendara maupun dalam lingkungan sarana kendaraan listrik. 

BACA JUGA:FAST ‘Lithium Fire Killer’, APAR Khusus Pemadaman Ledakan Baterai Lithium

Dalam mengambil peluang dan tantangan ini, FAST menjunjung faktor keselamatan adalah hal nomor satu.

“Kami memiliki perhatian lebih terhadap pengamanan kemungkinan terjadinya bencana kebakaran api yang dihasilkan oleh kendaraan listrik,” ujar Dean Zen, Direktur Marketing PT FAST, saat diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Selasa 16 Januari 2024. 

“Apalagi seiring berkembangnya teknologi kendaraan listrik dan juga adanya dorongan penggunaan pada masyarakat khususnya instansi negara sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia no:7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, membuat penggunaan kendaraan listrik secara signifikan berkembang pesat di Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA:Hirup Gas APAR, Satpam SMAN 6 Jaksel Sempat Ngobrol Pasca Kebakaran

Perlu diketahui bahwa api yang ditimbulkan dari baterai lithium memiliki klasifikasi khusus, dimana kekuatan daya sembur api tersebut bermain di kisaran 1600~2000 derajat celcius. 

Belum lagi, berbagai media pemadaman seperti jenis bubuk (powder) yang memiliki kemampuan meredam api paling tinggi di 700 derajat celcius dan juga air sebagai media konvensional pemadaman ditemukan tidak efektif untuk memadamkan api tersebut. 

Pasalnya, api dari baterai lithium ini dapat menyala terus-menerus selama masih ada daya yang tersimpan di dalam baterai walaupun direndam dalam kolam air sekalipun. 

BACA JUGA:Pentingnya Kelengkapan APAR Sesuai Aturan Pada Kendaraan Listrik

Dalam hal ini, perlu ada perlakuan khusus untuk meredam daya lonjak suhu yang drastis dari baterai lithium ini yang dikenal sebagai “thermal runaway”.

“Hingga saat ini kami, dengan gigih secara terus menerus memperkenalkan Hartindo AF31 sebagai produk lokal yang ditemukan dan dipatenkan oleh anak bangsa Indonesia sebagai pemadam api dari baterai lithium yang paling efektif di dunia kepada para pihak yang menurut kami sangat membutuhkan,” ungkapnya.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh berbagai sertifikasi yang dimiliki atas uji coba yang telah FAST lakukan di berbagai belahan dunia mulai dari Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Singapura, dan juga Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: