Apple Rajai Posisi Teratas Pasar Ponsel Cerdas 2023, Geser Samsung Pertama Kali Sejak 2010

Apple Rajai Posisi Teratas Pasar Ponsel Cerdas 2023, Geser Samsung Pertama Kali Sejak 2010

Apple Rajai Posisi Teratas Pasar Ponsel Cerdas 2023, Geser Samsung Pertama Kali Sejak 2010-Screenshoot/YouTube-

“ Meskipun kami melihat pertumbuhan yang kuat dari pemain Android kelas bawah seperti Transsion dan Xiaomi pada paruh kedua tahun 2023, yang berasal dari pertumbuhan pesat di pasar negara berkembang, pemenang terbesar jelas adalah Apple,” kata Nabila Popal , direktur riset di IDC’s Worldwide Tracker.

Apple tidak hanya menjadi satu-satunya pemain di posisi 3 besar yang menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahunnya, namun juga menduduki posisi nomor 1 setiap tahunnya untuk pertama kalinya. 

BACA JUGA:Penjualan Kartu Multi Trip MRT Dihentikan Mulai 1 Januari 2024, Masih Bisa Dipakai?

BACA JUGA:Ini Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia, Mantan Sopir Angkot yang Kini Hartanya Tembus Rp 862 Triliun!

Semua ini terjadi meskipun menghadapi tantangan regulasi yang semakin meningkat dan persaingan baru dari Huawei di Tiongkok, pasar terbesarnya. 

Kesuksesan dan ketahanan Apple yang berkelanjutan sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya tren perangkat premium, yang kini mewakili lebih dari 20 persen pasar, didorong oleh penawaran tukar tambah yang agresif dan rencana pembiayaan bebas bunga.

“ Pergeseran keseluruhan dalam peringkat teratas pasar semakin menyoroti intensitas persaingan dalam pasar ponsel pintar,” kata Ryan Reith , wakil presiden grup di Worldwide Mobility and Consumer Device Trackers IDC . 

Apple memang berperan dalam turunnya peringkat Samsung, namun pasar Android secara keseluruhan mengalami diversifikasi. 

BACA JUGA:Beli Gas LPG 3 Kilo Wajib Tunjukkan KTP, Baru 31,5 Juta NIK yang Terdaftar di Pertamina

BACA JUGA:UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Jadi Ajang Atsiri Kenalkan Aromatic Wellness Asli Indonesia

Huawei kembali dan membuat terobosan dengan cepat di Tiongkok, Merek seperti OnePlus, Honor, Google, dan lainnya meluncurkan perangkat yang sangat kompetitif di pasar yang lebih rendah dengan kisaran harga kelas atas. 

Perangkat lipat serta peningkatan diskusi seputar kemampuan AI pada ponsel cerdas semakin mendapatkan daya tarik. 

Secara keseluruhan, sektor ponsel pintar sedang menuju masa yang sangat menarik.


IDC Tracker sendiri memberikan ukuran pasar, pangsa vendor, dan perkiraan yang akurat dan tepat waktu untuk ratusan pasar teknologi di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Dengan menggunakan alat dan proses penelitian yang dipatenkan, Pelacak IDC diperbarui setiap semester, triwulanan, dan bulanan. Hasil pelacak dikirimkan ke klien dalam hasil Excel yang mudah digunakan dan alat kueri online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: