Beli Gas LPG 3 Kilo Wajib Tunjukkan KTP, Baru 31,5 Juta NIK yang Terdaftar di Pertamina

Beli Gas LPG 3 Kilo Wajib Tunjukkan KTP, Baru 31,5 Juta NIK yang Terdaftar di Pertamina

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyebut pendaftaran KTP untuk membeli gas LPG 3 kg masih dibuka, Rabu 3 Januari 2024. -Dok. Kementerian ESDM -

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bersama Pertamina menerapkan aturan terbaru untuk pembelian gas LPG 3 kg

Aturan membeli gas melon menggunakan KTP dan KK berlaku per 1 Januari 2024 sebagai langkah agar subsidi tepat sasaran. 

BACA JUGA:Buruan! Mulai 1 Januari 2024 Beli Gas 3 Kg Wajib Pakai KTP, Masyarakat Diminta Daftar ke Pangkalan Resmi LPG

BACA JUGA:Anies Tegaskan Bansos Berasal dari Uang Rakyat Bukan Bantuan Pribadi, 'Jangan Pernah Diklaim!'

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran NIK bagi masyarakat yang ingin membeli gas LPG 3 Kg. 

Meski aturan sudah berlaku Tutuka menyebut masyarakat masih boleh mendaftar sambil pihaknya merampungkan pendataan.

"Kita tetap buka, masyarakat yang belum daftar boleh daftar. Kita memberikan kesempatan seluas-luasnya semaksimal mungkin kepada masyarakat yang membutuhkan, itu nomor satu dulu," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 3 Januari 2024. 

Hal senada juga disampaikan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Mustika Pertiwi. Mustika menyebut menyebut ada 189 juta NIK di data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). 

BACA JUGA:Korban Dihajar dengan Tabung Gas 3 Kg, Kasus Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Villa Terungkap

BACA JUGA:Beli Gas LPG Melon Pakai KTP Mulai 1 Oktober, Begini Cara Belinya

Data ini menjadi acuan Pertamina dalam penjualan LPG 3 kg khusus masyarakat tidak mampu. Kategori masyarakat yang berhak menerima LPG 3 kg diantaranya nelayan, petani sasaran, usaha mikro, dan rumah tangga. 

Namun, sejauh ini baru 31,5 juta NIK yang terdaftar di pangkalan resmi Pertamina.

"Data dari P3KE ada 189 juta NIK. Itu yang disasar untuk bisa mendapatkan subsidi. Tapi kenyataannya, sampai dengan hari ini ada sekitar 31,5 juta NIK yang baru mendaftar," jelasnya.

Dari 31,5 juta NIK tersebut, Pertamina memerinci, 24,4 juta NIK yang masuk dalam P3KE, sementara 7,1 juta NIK masih di luar itu. Mustika menyebut hal ini sudah dirapatkan dengan tim Pertamina untuk dilakukan verifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: