Rakernas Basarnas, Masdya Kusworo Tekankan Quick Action Sebagai Kunci Keberhasilan Operasi SAR

Rakernas Basarnas, Masdya Kusworo Tekankan Quick Action Sebagai Kunci Keberhasilan Operasi SAR

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo membuka rapat kerja nasional di Gedung Basarnas, Jakarta Pusat, Senin 5 Februari 2024-Dok. Basarnas-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar Rapat Kerja Nasional di awal tahun 2024.

Dalam Rakernas yang dibuka langsung Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo dihadiri oleh seluruh Pimpinan Tinggi (Pimti) Madya dan Pratama, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), pajabat struktural, serta pejabat fungsional ahli madya dan muda. 

BACA JUGA:Songsong 2024, Basarnas Maksimalkan Penggunaan Teknologi Robot Sebelum Evakuasi Bencana

BACA JUGA:Evakuasi Penumpang Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep Selesai, Basarnas: 10 Penumpang Selamat dan 5 Meninggal

Adapun rapat tahunan ini membahas berbagai permasalahan serta strategi pemantapan anggaran 2024. 

“Rapat kerja ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk membahas berbagai permasalahan yang ada, mencari solusinya, serta perencanaan mengelolaan anggaran tahun 2024,” kata Kusworo saat membuka Rakernas di Gedung Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin 5 Februari 2024. 

Melalui rapat ini, Basarnas turut menghadirkan 3 pembicara, masing-masing dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (PAN-RB), Bapenas, dan BPK RI. 

BACA JUGA:Bila Dibutuhkan, Basarnas Siap Bantu Proses Evakuasi Korban Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

BACA JUGA:Muhammad Syaugi Alaydrus Mantan Kabasarnas Resmi Jadi Kapten Timnas AMIN

Pelibatan lintas lembaga itu untuk memberikan pembekalan kepada peserta rapat khususnya di bidang ASN. Selain itu, terdapat agenda pengarahan dan konsolidasi internal Basarnas di tahun 2024.

Mengambil tema “Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa”, Kusworo menekankan agar seluruh jajaran di lingkungan Basarnas tetap focus pada pekerjaan utama Basarnas dalam memberikan pelayanan SAR, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi masyarakat yang mengalami kondisi darurat. 

Termasuk pula merespons cepat apabila ada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia. 

"Tantangan ke depan jelas semakin kompleks. Basarnas harus bekerja keras, bekerja ikhlas, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas,” tegasnya. 

BACA JUGA:Muhammad Syaugi Alaydrus Mantan Kabasarnas Resmi Jadi Kapten Timnas AMIN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: