Bila Dibutuhkan, Basarnas Siap Bantu Proses Evakuasi Korban Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

Bila Dibutuhkan, Basarnas Siap Bantu Proses Evakuasi Korban Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan

Puing pesawat latih TNI AU yang jatuh di Pasuruan,-tangkap layar video-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dua pesawat tempur Super Tucano milik TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Kamis 16 November 2023. 

Merespons kecelakaan tersebut, Basarnas bersiap melakukan perbantuan untuk melakukan evakuasi korban apabila dibutuhkan. 

BACA JUGA:Warga Berhamburan Begitu Pesawat TNI AU Meledak Saat Melakukan Pemadaman Pakai Alat Seadanya

BACA JUGA:Menuju Malang, Kadispenau Akan Lihat Lokasi Jatuhnya 2 Pesawat Super Tucano

Menurut Kasubag Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Agus Basori, Tim SAR di wilayah Jawa Timur telah bersifat dan siap terjun apabila sudah mendapatkan laporan dari TNI AU terkait pesawat jatuh di Pasuruan. 

"Kami sifatnya standby, apabila di daerah Pasuruan biasanya akan mengontak dari SAR Surabaya. Kami langsung action kalau ada arahan dari pihak TNI AU, itu ranahnya TNI kita sifatnya pernantuan," kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis 16 November 2023. 

Menurut Agus, pihaknya terus memonitor perihal kecelakaan pesawat TNI AU tersebut. Agus mengaku sudah mendapatkan banyak laporan lainnya dari berbagai sumber perihal kronologi pesawat TNI AU yang jatuh di daerah Pasuruan. 

"Berdasarkan informasi yang saya dapat baru dari media, kalau kewenangan untuk mengevakuasi pesawat itu ranahnya TNI AU. Kami sifatnya membantu, untuk detailnya silakan hubungi pihak TNI AU," kata Agus. 

BACA JUGA:Warga Sempat Padamkan dengan Alat Seadanya Saat Pesawat Tempur TNI AU Jatuh dan Terbakar

BACA JUGA:Dua Pesawat Tucano Terungkap Hilang Kontak Pada Pukul 11.18 WIB

Sebelumnya, Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara mengkonfirmasi kecelakaan dua pesawat Super Tucano di wilayah Puspo, Pasuruan, Jawa Timur hari ini

"Pada pukul 11.18 telah lost contact flight pesawat Super Tucano dari Lanud Abdul Rachman Saleh Malang," kata Kadispen AU Marsma Agung Sasongkojati dalam keterangan video yang diterima Disway.id, Kamis 16 November 2023. 

Menurut Agung, dalam peristiwa ini ada dua pesawat yang mengalami lost contact. Dua pesawat Tucano bernomor TT-1311 dan TT 1303 masing-masing diawaki dua personel TNI.

Pesawat pertama adalah Super Tucano dengan nomor ekor TT-1311 dengan pilot Letkol (Pnb) Sandhra Gunawan di kursi depan dan Kolonel (Adm) Widiono di kursi belakang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: