Polri Gandeng Sivitas Akademika Untuk Pelihara Kamtibmas

Polri Gandeng Sivitas Akademika Untuk Pelihara Kamtibmas

Polri Gandeng Sivitas Akademika Untuk Pelihara Kamtibmas-Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggandeng Sivitas Akademika untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, bahwa pemeliharaan Kamtibmas ini memerlukan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat, termasuk dari sivitas akademika.

BACA JUGA:Didukung Polres Metro Jakarta Timur, Ketua FPMM Umar Kei dan Sejumlah OKP Siap Bantu Jaga Kamtibmas Pemilu 2024

“Pemeliharaan kamtibmas merupakan tugas pokok Polri guna memberikan perlindungan dan pelayanan masyarakat. Maka, dibutuhkan kolaborasi dan partisipasi seluruh elemen masyarakat, tidak terlepas juga di antaranya adalah dari elemen civitas academic,” ujar Trunoyudo, Kamis 8 Februari 2024.

Terkait adanya anggota Polri yang diduga meminta sejumlah rektor perguruan tinggi untuk membuat pernyataan sikap dan testimoni mengenai pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Trunoyudo menegaskan bahwa komitmen Polri ialah patuh pada peraturan dan perundang-undangan.

BACA JUGA:Polres Jakbar Kukuhkan Dai Kamtibmas untuk Cegah Hate Speech dan Berita Hoaks Saat Pemilu 2024

“Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada setiap kesempatan menyampaikan netralitas Polri tetap terjaga dan diawasi melalui lembaga-lembaga dan kontrol sosial dalam mengawasi Polri,” jelasnya.

Trunoyudo menambahkan Polri merupakan lembaga negara yang dalam bertugas sehari-hari selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Interaksi Polri dengan masyarakat terjadi setiap saat dalam upaya memelihara kamtimbnas serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan, khususnya dalam menciptakan dan memelihara situasi tetap kondusif pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:Strategi Wakapolda Metro Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

“Polri diberikan tanggung jawab keamanan dan mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan bermartabat,” tukasnya.

Menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari, Trunoyudo mengimbau seluruh elemen masyarakat agar tidak terpecah belah serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: