Gemas! Pria Tertinggi di Dunia Bertemu dengan Perempuan Paling Mungil di Dunia

Gemas! Pria Tertinggi di Dunia Bertemu dengan Perempuan Paling Mungil di Dunia

Sultan Kosen bertemu dengan Jyoti Amge-Pria tertinggi di dunia dan wanita terpendek di dunia-Mirror/Getty Image

JAKARTA, DISWAY.ID - Pria tertinggi di dunia, Sultan Kosen, dengan tinggi lebih dari 2 meter, bertemu dengan perempuan terpendek di dunia, Jyoti Amge, di California, AS.
 
Pertemuan menggemaskan itu mendadak viral. 
 
Potret pasangan tersebut yang berpose di dekat piramida di Mesir menjadi viral.

Pria tertinggi di dunia dan wanita terpendek di dunia bersatu kembali enam tahun setelah foto mereka berdua di depan piramida di Mesir menjadi viral.
 
Pasangan ini bertemu di Irvine, California, pada hari Senin di mana mereka berfoto bersama.
Sultan meraih gelar Guinness World Record untuk "Pria Hidup Tertinggi" pada tahun 2009, sementara Jyoti meraih mahkota sebagai "Wanita Hidup Terpendek" pada tahun 2011. 
 
Dengan perbedaan tinggi enam kaki di antara keduanya, mereka terlihat sangat mencolok ketika sebelumnya berpose dengan piramida di Kairo pada tahun 2018.
 
Sultan yang berusia 41 tahun dan Jyoti yang berusia 30 tahun bertemu untuk pemotretan di Mesir di mana mereka berpose di depan Piramida Giza untuk kampanye menghidupkan kembali industri pariwisata yang sedang berjuang di negara tersebut.
 
Kedua tinggi badan mereka yang tidak biasa ini disebabkan oleh kondisi medis.

Jyoti menderita kelainan dwarfisme yang disebut achondroplasia, yang menghambat pertumbuhannya.
 
Sementara itu, Sultan mengidap tumor yang menyebabkan sesuatu yang disebut gigantisme hipofisis yang menyebabkan dia mengalami lonjakan pertumbuhan yang sangat besar pada usia 10 tahun.

Foto-foto dari pertemuan terakhir mereka menunjukkan besarnya perbedaan tinggi badan di antara mereka.
 
Dalam salah satu foto, Jyoti terlihat berdiri di samping salah satu sepatu Sultan yang tingginya hampir sama dengan dirinya.

Foto lain menunjukkan pasangan itu duduk dengan pose serupa di lantai, dengan satu kaki dimasukkan ke dalam dan kaki lainnya direntangkan - meski Jyoti yang duduk bahkan tidak setinggi lutut Sultan.
 
Jepretan lain menunjukkan Sultan duduk di kursi, sementara Jyoti berdiri di sampingnya tetapi bahkan nyaris tidak mencapai bahunya.
 
 
Profil Sultan

Menurut Guinness World Records, Sultan menjadi orang pertama yang diukur tingginya lebih dari 8 kaki selama lebih dari 20 tahun pada tahun 2009.
 
Faktanya, mereka menambahkan, mereka hanya mengetahui sepuluh kasus yang dikonfirmasi atau dapat diandalkan dalam sejarah di mana seseorang mencapai tinggi 8 kaki. 
 
Sultan, seorang petani paruh waktu dari Turki, memiliki tinggi badan 8 kaki 1 inci, 246,6 cm, ketika ia meraih gelar Manusia Hidup Tertinggi pada tahun 2009.
 
Dua tahun kemudian, ia diukur lagi di Ankara, Turki, di mana ditemukan bahwa ia telah tumbuh lebih dari satu inci, dan tingginya 8 kaki 2,8 inci, atau 251 cm. 
 
Tinggi badan Sultan disebabkan oleh kondisi medis, meskipun anggota keluarganya yang lain memiliki tinggi rata-rata.
 
Gigantisme hipofisis, produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan, dapat menyebabkan tangan menjadi besar, penebalan tulang, dan nyeri sendi.

Karena tinggi badannya, Sultan tidak pernah menyelesaikan sekolah dan malah mulai bekerja sebagai petani untuk membantu menghidupi keluarganya.
 
Berbicara tentang kelebihan tinggi badannya, dia merasa sangat terbantu karena bisa membantu ibunya mengganti bola lampu yang rusak dan menggantung tirai.

Namun Sultan kesulitan menemukan pakaian atau sepatu yang pas dan sebelumnya mengatakan ia merasa sangat sulit untuk masuk ke dalam mobil berukuran biasa.
 
Saat remaja, ia masuk ke tim bola basket Galatasaray tetapi dianggap terlalu tinggi untuk bermain, meskipun ia masih tertarik dengan olahraga tersebut.

Selain gelar Manusia Tertinggi yang Masih Hidup, Sultan juga memegang rekor tangan terbesar yang pernah ada, masing-masing berukuran 28,5 cm, atau 11,22 inci, dari pergelangan tangan hingga ujung jari tengah.
 
Dia sebelumnya memegang rekor kaki terbesar pada manusia yang masih hidup, dengan kaki kiri berukuran 1 kaki 2 inci, dan kaki kanan berukuran 1 kaki 1,98 inci.
 
 
Profil Jyoti

Di sisi lain, Jyoti memiliki tinggi 2 kaki 0,7 inci. Lahir di Nagpur, India tengah, Jyoti memiliki tinggi rata-rata hingga usia lima tahun, menurut ibunya.
 
Namun pada saat itu, terlihat jelas bahwa pertumbuhannya terhambat.

Diketahui bahwa dia menderita suatu bentuk dwarfisme yang disebut achondroplasia dan tidak akan pernah tumbuh melebihi ketinggian tertentu.
 
Dia menjadi terkenal pada tahun 2009 ketika dia muncul di acara Bikkuri Chojin 100 Special No2 di Fuji8 TV, di mana dia diukur oleh dokter di acara tersebut dan menemukan bahwa tingginya hanya 61,95 cm, 2 kaki, - menegaskan statusnya sebagai remaja perempuan yang hidup terpendek.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mirror