Pemerintah Resmi Beri Diskon PPN Mobil Listrik Tahun Ini

Pemerintah Resmi Beri Diskon PPN Mobil Listrik Tahun Ini

Pemerintah Resmi Beri Diskon PPN Mobil Listrik Tahun Ini-Tangkapan Layar/PLN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali memberikan intensif berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen bagi masyarakat yang ingin membeli mobil listrik.

Namun pemberian insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah untuk mobil listrik yang diproduksi lokal.

Masyarakat yang ingin membeli mobil listrik akan mendapat insetif berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai jika memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan per 2024.

BACA JUGA:Jelang Restrukturisasi Kredit COVID-19 Berakhir, BRI Siapkan Strategi Pencadangan Memadai

BACA JUGA:Asik! Belanja di Alfamart Dapat Cashback Hingga 25 Persen

Ini berarti masyarakat membeli mobil listrik hanya dikenakan PPN 1 persen saja dari harga jual, 10 persennya akan ditanggung pemerintah (DTP).

Hal ini telah tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah anggaran 2024.

Tertulis dalam PMK Pasal 4 ayat 2 menyebutkan, Pajak Pertambahan Nilai yang ditanggung Pemerintah atas penyerahan KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan/ atau KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu yangmemenuhi kriteria nilai TKDN sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2) huruf a dan/ atau huruf b sebesar 10 persen dari harga jual.

BACA JUGA:Kontribusi Nyata Untuk Negeri, 5 Tahun Terakhir Setoran Dividen dan Pajak BRI ke Negara Capai Rp149,2 Triliun

BACA JUGA:Aplikasi JakOne Mobile Bank DKI Capai 2,23 Juta Pengguna, Raih Laba Bersih Rp1,02 Triliun Q4 2023

Bunyi pertimbangan dalam PMK tersebut menyatakan, untuk mendorong kebijakan pemerintah dalam melakukan peralihan dari penggunaan energi fosil ke energi listrik.

Serta meningkatkan minat beli masyarakat atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai guna mendukung program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai tahun 2024, perlu dukungan pemerintah berupa kebijakan pemberian insentif fiskal.

Sedangkan besaran PPN DTP tertuang dalam Pasal 4, yakni mencapai 10 persen dari harga jual. 

Khusus bus listrik dengan TKDN minimal 20 persen sampai dengan kurang dari 40 persen, hanya mendapatkan PPN DTP sebesar 5 persen dari harga jual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: