Duduk Terlalu Lama Bikin Sakit Pinggang, Indikator Gagal Ginjal?

Duduk Terlalu Lama Bikin Sakit Pinggang, Indikator Gagal Ginjal?

Duduk terlalu lama-Dampaknya dan jadi indikator gagal ginjal?-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Mitos yang beredar di masyarakat seringkali sakit pinggang menjadi salah satu tanda atau gejala sakit gagal ginjal.

Benarkah demikian?

Ada juga yang mengaitkannya dengan duduk terlalu lama. 

Lalu apa dampak yang timbul karena terlalu lama duduk sering terjadi pada manusia?

BACA JUGA:Transplantasi Ginjal Perdana Berhasil Dilakukan Pihak RSUP Fatmawati

Namun, apakah sakit pinggang karena terlalu lama duduk jadi indikator adanya penyakit gagal ginjal?

Menjawab hal itu, Sekretaris Jenderal Indonesian Society of Hipertension (InaSh), dr. Djoko Wibisono mengatakan bahwa indikasi penyakit gagal ginjal karena terlalu lama duduk disertai rasa nyeri seperti diremas di area pinggang.

"Sakit pinggang karena ginjal biasanya kita ngomong penyakit hilang timbul atau intermiten dan nyerinya itu seperti diremas dan ada gejala penyertanya seperti ada batu," ucapnya ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Katastropik yang Habiskan Biaya, Kanker, Jantung, Stroke, dan Ginjal 

Tak hanya timbul rasa nyeri, dijelaskan dr. Djoko Wibisono sakit pinggang dengan adanya indikasi sakit ginjal juga disertai rasa mual, keringat dingin, dan muncul darah pada air kencing.

"Apalagi batunya kalau bergeser itu nyerinya sangat besar seperti diremas dan hilang timbul serta disertai rasa mual keringat dingin dan kadang-kadang urinenya nanti tambah merah karena ada darah," tuturnya.

Jika sudah terjadi gejala-gejala demikian, dr. Djoko Wibisono menganjurkan untuk segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut melalui USG.

Dari situ, akan ketahuan apakah ada gangguan pada ginjal.

"Nah kalau udah kayak gitu kita harus cek ke dokter untuk segera disingkirkan. Gampang kok itu di USG aja kelihatan ada batu ginjal bengkak ya berarti emang ada batu kok, biasanya kalau dicek urine ada darah," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: