IKN Groundbreaking Tahap Kelima Pekan Ini, Sektor Perbankan dan Keuangan

IKN Groundbreaking Tahap Kelima Pekan Ini, Sektor Perbankan dan Keuangan

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Insfrastruktur IKN Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Sumadilaga di Jakarta, 26 Februari 2024.-Ayu Novita/Carep-

JAKARTA, DISWAY.ID--- Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilakukan groundbreaking tahap kelima pada pekan ini.  

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Insfrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Sumadilaga mengungkapkan, groundbreaking tahap kelima tersebut dilakukan pada Kamis, 29 Februari 2024 dan Jumat, 1 Maret 2024. 

"Pekan ini dilakukan groundbreaking Kamis dan Jumat 29 dan 1 Maret, dua hari, info sampai saat ini ya," ungkap Danis di Hotel Shang ri la, Jakarta. 

BACA JUGA:Jokowi: RAPBN 2025 Harus Akomodasi Program Presiden Terpilih

Sedangkan groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam tahap kelima ini, meliputi sejumlah sektor di perbankan dan sektor keuangan. 

"Jadi saya harus cek detailnya, tapi yang saya tahu daftarnya lagi proses BRI mandiri BPJS yang saya inget, dan ada sektor-sektor keuangan," ujarnya. 

Danis menegaskan, dalam upaya mempermudah investasi yang masuk ke IKN, pemerintah mengundangkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2023 tentang pemberian perizinan berusaha, kemudahan berusaha, fasilitas penanaman modal, pengawasan dan evaluasi bagi pelaku usaha di Ibu Kota Nusantara. 

Melalui Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), sudah banyak proyek yang merupakan bentuk dari investasi, selain dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). 

"Proyek yg merupakan bentuk investasi selain dari APBN spt hotel, Rumah Sakiy, sekolah, kawasan hiburan, pergudangan, bangunan perkantoran non kementerian dan lembaga," ungkap Danis.

BACA JUGA:Ini Skema Pemindahan ASN ke IKN Nusantara, 12 Ribu Pegawai Masuk Prioritas 

Dengan adanya peletakan batu pertama atau groundbreaking menjadi bukti bahwa, tingginya potensi kerjasama dan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih sangat luas. 

Selain itu, peletakan batu pertama juga membantu mewujudkan pembangunan insfratruktur di IKN serta membantu meningkatkan investasi murni. (Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: