Buruan! Daftar KIP Kuliah 2024 Jalur SNBP Ditutup Hari Ini Jam 23.59, Cek Syaratnya

Buruan! Daftar KIP Kuliah 2024 Jalur SNBP Ditutup Hari Ini Jam 23.59, Cek Syaratnya

KIP Kuliah 2024-Pendaftaran jalur SNBP ditutup hari ini-Kemendikbudristek

JAKARTA, DISWAY.ID - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) segera ditutup hari ini.
 
Dikutip dari Instagram Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbudristek) RI melalui akun Instagramnya @puslapdik_dikbud, pendaftaran ditutup mulai 27 Februari 2024. 
 
"Hallo pejuang beasiswa KIP kuliah
Yukkk cek kembali sudah di penghujung SNBP 2024. Perhatikan Baik-baik saat pendaftaran yah kakak," tulis akun itu.
 
"Dari kemarin banyak yang nanya web KIP kuliah yang mana di atas udah Mimin share yaa, dan di atas juga tahapan pendaftaran KIP kuliah Goodluck," tulis akun tersebut.
 
 
Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Jalur SNBP Ditutup Hari Ini
 
Batas waktu KIP kuliah jalur SNBP ditutup 27 Februari 23.59 WIB.
 
Segera daftar dan sinkronisasi.
 
Pastikan sudah mendaftar KIP Kuliah 2024 jika mendaftar untuk jalur SNBP 2024 dan jangan lupa untuk sinkronisasi.
 
Secara umum, pendaftaran akun KIP Kuliah dibuka Kemendikbud mulai 12 Februari-31 Oktober 2024.
 
Ya, aturan penutupan KIP Kuliah akan ditutup H-1 jalur seleksi nasional (SNBP atau SNBT).
 
Pendaftaran SNBP 2024 masih berlangsung hingga 28 Februari mendatang.
 
 
SNBP 2024
 
Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa.
 
Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
 
Adapaun prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
 
Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNBP dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024 bersama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 
 
Peserta SNBP tidak dipungut biaya apapun. Biaya penyelenggaraan SNBP sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.
 
 
Pendaftaran KIP Kuliah
 
Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka, calon penerima harus memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek sebagai berikut: 
 
(a) Nomor Induk Kependudukan (NIK);
 
(b) Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan
 
(c) Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
 
Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.
 
 
Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2024
 
Syarat pendaftaran dan proses penerimaan KIP Kuliah Merdeka di tahun 2024 telah dipersiapkan dengan lebih baik, dengan memprioritaskan calon penerima dari keluarga tidak mampu yang memenuhi syarat ekonomi yaitu 
 
a) pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah, 
 
b) berasal dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial seperti mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan mahasiswa dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), 
 
c) berasal dari keluarga yang masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta
 
d) mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: