Lulusan SMK Sukses Jadi Penata Rambut di Industri Kecantikan, Ini Cerita Guru dan Siswa

Lulusan SMK Sukses Jadi Penata Rambut di Industri Kecantikan, Ini Cerita Guru dan Siswa

SMK di industri kecantikan-Pilih karier sebagai penata rambut-Freepik

Kegiatan belajar mengajar turut didampingi oleh tim edukator dari L’Oréal Professionnel dan dukungan juga diberikan berupa produk untuk mendukung kegiatan pembelajaran bagi siswa SMK.

Melalui dukungan mitra salon, kesempatan praktek kerja lapangan terbuka untuk para siswa sehingga memberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan konsumen di salon.

Program pembelajaran L’Oréal Hairducation tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga menumbuhkan kreativitas, dan keterampilan bisnis yang diperlukan dalam industri yang terus berkembang ini.

Queentia Tampubolon, Education & Business Development Director, Professional Product Division PT. L'Oréal Indonesia, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan lembaga survei independen pada tahun 2023 untuk memahami dampak dari program yang tersebut di Indonesia.

“97% lulusan merasa puas terhadap keseluruhan program dan 86% menyatakan bahwa program tersebut meningkatkan rasa percaya diri mereka. Lebih lanjut, 82% lulusan menyatakan bahwa manfaat utama dari mengikuti program Hairducation adalah untuk memperoleh kemampuan baru, seperti Basic and Fashion Coloring; Hairstyling; dan Hair Diagnosis & Consultation. Sebanyak 61% lulusan L’Oréal Hairducation kini telah menjalankan karir mereka di industri tata rambut, baik membuka salon sendiri, maupun bekerja di salon atau menjadi freelance hairstylists. Hal ini menjadi bukti nyata dari manfaat program L’Oréal Hairducation dalam menyiapkan lulusan SMK jurusan Kecantikan untuk masuk ke dunia kerja,” katanya. 

BACA JUGA:Cek Cara Daftar CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK dan S1 di SSCASN

Kata Siswa dan Guru 

Lilis Pujiastuti selaku Kepala Jurusan Tata Kecantikan SMKN 4 Surakarta berbagi cerita. Mereka dibekali dengan kemampuan komunikasi yang berguna ketika menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa-siswi.

“Dalam upaya meningkatkan penyampaian materi pembelajaran, kami juga mendesain sesuai dengan standar industri salon di Indonesia untuk membantu siswa siswi lebih siap terjun ke dunia industri, dan senang sekali banyak lulusan yang kini berkarya dan menunjukkan talentanya di industri salon,” ucapnya. 

Kentri Grata, Alumni SMKN 4 Surakarta yang juga merupakan salah satu pemenang kompetisi WorldSkills Asean turut hadir dan membagikan pengalamannya.

“Materi pembelajaran dari L’Oréal Hairducation sangat membantu kami untuk dapat terus memperbarui pengetahuan tentang tren industri tata rambut yang dinamis. Kami juga merasa terbantu dengan ilmu komunikasi saat berhadapan dengan klien, di mana sebelumnya kami sempat merasa segan ketika berhadapan dengan klien, namun berkat ilmu yang diajarkan oleh L’Oréal Hairducation kami semakin percaya diri baik ketika berhadapan dengan klien maupun saat mengikuti praktik kerja lapangan langsung di industri salon,” tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: