Cek Beras di Pasar Johar Karawang, BULOG Klaim Sudah Mendekati Normal

Cek Beras di Pasar Johar Karawang, BULOG Klaim Sudah Mendekati Normal

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi kembali memantau kondisi stok beras di Pasar Johar Karawang, Jawa Barat.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi mengecek kondisi stok beras di Pasar Johar Karawang, Jawa Barat, kemarin.

Dari pemantauan langsung tersebut, diklaimnya bahwa pasokan beras saat ini mulai berlimpah hingga mendekati kondisi normal.

Bayu menjelaskan, tambahan pasokan dari beras SPHP (Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) sebesar 300 ton per hari telah membuat pasokan beras di Karawang sudah mendekati normal atau sebagaimana biasanya.

BACA JUGA:Badan Pangan Nasional Tepis Isu Stok Beras Kurang, Jamin Harga Gabah Segera Turun

“Sebelumnya pasokan di Pasar Johar cuma 500 ton per hari, dengan tambahan SPHP 300 ton menjadi 800 ton per hari dan ini sudah mendekati pasokan normal. Di sini yang rata-rata sebesar 1.000 ton per hari” kata Bayu.

Sekretaris Paguyuban Pedagang Beras Pasar Johar Karawang Acin, juga mengatakan, saat ini kondisi harga beras di pasar tersebut ada penurunan sebesar Rp 1.000 sampai Rp 1.500 per kilogram (Kg).

“Untuk beras lokal Demak harganya sudah turun dari 14.500 per kilo (Kg) menjadi Rp13.500 per kilo. Sementara untuk beras premium yang tadinya Rp16.000 perkilo sekarang menjadi Rp14.500 perkilo,” kata Acin.

Menurut Acin, dengan adanya tambahan pasokan beras Bulog di Pasar Johar sangat berdampak terhadap penurunan harga beras.

Selain Pasar Induk Beras Cipinang yang merupakan pasar grosir tingkat konsumen, Pasar Johar Karawang merupakan pasar grosir produsen yang juga mempengaruhi kondisi perberasan di Jabodetabek.

BACA JUGA:Bantah Harga Beras Masih Terus Naik, Jokowi: Coba Cek ke Pasar Induk Cipinang

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengklaim harga beras sudah turun di sejumlah pasar. Ia pun meminta kepada wartawan untuk tidak memberikan informasi kepada masyarakat sebelum melakukan pengecekan langsung ke pasar-pasar induk.

"(Harga beras masih mahal?) Coba dicek. Jangan menginformasikan seperti itu loh ya. Coba cek di Pasar Induk Cipinang. Cek," kata Jokowi usai Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa, 28 Februari 2024.

Jokowi mengaku dirinya akan terus memantau kondisi harga beras di pasar-pasar.

"Cek ke Pasar Johar, ini pasar-pasar beras harus dicek, coba dicek, coba kalian datang ke Pasar Cipinang cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar naik atau tidak, turun atau tidak, cek, sudah turun. Karena harian itu saya cek. Saya itu selalu mendapatkan angka-angka,” ujarnya. (Bianca Chairunisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: