Demi Kehidupan Sosial, 7 dari 10 Orang Semangat Ikut Bukber Puasa Ramadan 2024

Demi Kehidupan Sosial, 7 dari 10 Orang Semangat Ikut Bukber Puasa Ramadan 2024

Ramadan 2024-Buka puasa bersama jadi momentum kebersamaan di bulan suci-Freepik

Wanita cenderung ingin membeli aksesoris fesyen (64%) dan makeup/skincare (50%), sementara 1 dari 5 pria berencana membeli gadget atau barang elektronik. 

Berdasarkan kelompok umur, persentase Gen Z yang berencana membeli makeup/skincare (46%) jauh lebih tinggi dibandingkan dua generasi di atasnya. Sedangkan Milenial lebih tertarik membeli dekorasi rumah (31%).

Secara umum, sebanyak 70% responden senang belanja Ramadan secara online. Meski demikian, ada beberapa barang yang lebih suka dibeli secara langsung (in-store), yaitu furnitur rumah (88%), dekorasi rumah (79%), dan barang elektronik (75%).

"Meskipun beberapa bahan pokok mengalami kenaikan beberapa minggu terakhir, ternyata antusiasme masyarakat Indonesia untuk menyambut Ramadan dan Idulfitri tidak surut. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rencana spending di tahun 2024, dibandingkan tahun 2023," ucap Research Lead Jakpat, Farida Hasna.

BACA JUGA:Seru Saling Kirim Hampers Puasa Ramadan 2024, Budget Mulai Rp100.000  

Rencana mudik/liburan

Sebanyak 76% dari responden yang merantau, berencana mudik di Ramadan tahun ini. Kota Bandung, Kota Padang, dan Kota Yogyakarta adalah tujuan mudik terbanyak. Sebanyak 47% responden yang mudik akan berangkat ke kampung halaman pada pekan keempat Ramadan.

Kemudian, kendaraan yang digunakan untuk mudik kebanyakan didominasi milik pribadi, yaitu mobil dan motor dengan persentase masing-masing 32%. 

Selain mudik, ada juga responden yang berencana liburan di masa Ramadan 2024 dengan persentase 11%. Tak jauh berbeda dengan mudik, destinasi liburan terbanyak adalah Kota Bandung (16%), Kota Yogyakarta (14%), dan Kota Malang (10%). Enam dari 10 orang berniat berlibur setelah momen Idulfitri.

“Mudik tak hanya identik dengan pulang kampung, tetapi juga berlibur di kota tujuan. Hal ini terlihat dari kemiripan pola kota tujuan mudik dan kota destinasi wisata selama Idulfitri, yang mayoritas menuju daerah Bandung dan Yogyakarta,” tutur Hasna. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: