Cek Daya Tampung Unand 2024 Jalur SNBT, SNBP, dan Mandiri, Ada Prodi Baru

Cek Daya Tampung Unand 2024 Jalur SNBT, SNBP, dan Mandiri, Ada Prodi Baru

Universitas Andalas-Cek daya tampung jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri 2024-Unand

JAKARTA, DISWAY.ID - Daya tampung Universitas Andalas untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 menarik disimak.

Ada 3 jalur penerimaan yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dan jalur mandiri. 

Dikutip dari laman resmi Unand, tahun ini, Universitas Andalas menerima mahasiswa baru sebanyak 7.505 untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) dari tiga jalur penerimaan. 

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, menuturkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terdapat tiga jalur masuk. 

Ketiga jalur masuk tersebut yakni Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. 

“Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” ujarnya 

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2024 Masih Dibuka, Ini 3 Jalur Seleksi Masuk Unpad SNPMB

Kuota dan Daya Tampung Unand 2024

Di Universitas Andalas sendiri masing-masing menerima melalui jalur SNBP dengan kuota 29,8 persen dari total penerimaan sebanyak 2.240 orang, jalur SNBT dengan kuota 39,75 persen sebanyak 2.982 orang, dan Seleksi Masuk (SIMA) UNAND dengan kuota 30 persen sebanyak 2.283 orang. 

Prodi Baru Unand

Terjadi penambahan jumlah mahasiswa dibandingkan tahun sebelumnya, dikarenakan ada tiga Program Studi (Prodi) baru yakni Arsitektur (Fakultas Teknik), Ekonomi Islam, dan Kewirausahaan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). 

Lebih lanjut, terkait SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik. 

“Peserta SNBP adalah siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul,” terangnya.  

Sebagaimana tahun 2023, dikatakan rektor siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: