MSI Research Soroti Anomali Suara PSI: Belum Punya Tokoh Kok Melonjak?

MSI Research Soroti Anomali Suara PSI: Belum Punya Tokoh Kok Melonjak?

Anomali Suara PSI-Makara Strategic Insight (MSI Research) mempertanyakan lonjakan suara PSI-Sirekap KPU

Andre berasumsi bahwa peningkatan suara PSI sebanyak 230.361 suara dalam tiga hari menunjukkan setiap TPS memberikan kontribusi yang relatif sama terhadap peningkatan suara PSI.

Saat ini, jumlah TPS yang hasilnya tercatat di situs real count KPU bertambah menjadi 541.324 TPS dari sebelumnya 539.084 TPS. 

Adapun menghitung perkiraan rata-rata tambahan suara per TPS menjadi sekitar 90,7 suara per TPS.

"Ini adalah asumsi kasar bahwa setiap TPS memberikan sekitar 90,7 suara tambahan bagi PSI dalam rentang waktu tersebut. Tentu saja, faktor-faktor seperti kepadatan penduduk, lokasi TPS, dan faktor-faktor demografis lainnya mungkin saja memengaruhi distribusi suara secara tidak merata di antara TPS," jelas Andre.

BACA JUGA:Rencana PPP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, TKN: Alhamdulillah

Sebagai tambahan, berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 414 ayat 1, ambang batas parlemen (parliamentary threshold) paling rendah adalah 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan kursi anggota DPR.

"Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR," demikian bunyi Pasal 414 ayat 1.

Pihak MSI Research menekankan pentingnya transparansi dan klarifikasi dari KPU untuk menjelaskan anomali ini demi menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap proses pemilu yang demokratis dan adil.

(Fajar Ilman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: