Hari Perempuan Sedunia, 1 dari 10 Wanita Terjebak Kemiskinan Ekstrem

Hari Perempuan Sedunia, 1 dari 10 Wanita Terjebak Kemiskinan Ekstrem

Hari Perempuan Sedunia-1 dari 10 orang terjebak dalam kemiskinan-UN Woman

JAKARTA, DISWAY.ID - Selamat hari perempuan sedunia!
 
UN Women menyerukan kepada dunia untuk “Berinvestasi pada Perempuan, Mempercepat Kemajuan” sebagai cara terbaik untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan adil.
 
Setiap 8 Maret, perempuan diberi semangat agar lebih berdaya.
 
 
Pasalnya, data yang ada menunjukkan 1 dari 10 perempuan berada dalam kemiskinan yang ekstrem.
 
Hal ini sangat mendesak ketika perang dan krisis mengikis pencapaian investasi kesetaraan gender selama puluhan tahun. 
 
Dari Timur Tengah hingga Haiti, Sudan, Myanmar, Ukraina, Afghanistan, dan negara-negara lain, perempuan menanggung akibat paling besar atas konflik.
 
Kebutuhan akan perdamaian kini semakin mendesak.

Perubahan iklim mempercepat kesenjangan kemiskinan yang berkepanjangan. 
 
Ketika persaingan untuk mendapatkan sumber daya yang langka semakin meningkat, penghidupan terancam, masyarakat menjadi semakin terpolarisasi, dan perempuan menanggung beban yang semakin berat.

1 dari setiap 10 perempuan di dunia hidup dalam kemiskinan ekstrem.

Jumlah perempuan dan anak perempuan yang tinggal di wilayah terdampak konflik meningkat dua kali lipat sejak tahun 2017, kini lebih dari 614 juta perempuan dan anak perempuan tinggal di wilayah terdampak konflik.
 
 
Di wilayah konflik, perempuan 7,7 kali lebih mungkin hidup dalam kemiskinan ekstrem.

Perubahan iklim diperkirakan akan menyebabkan 236 juta lebih perempuan dan anak perempuan kelaparan pada tahun 2030, dua kali lebih banyak dibandingkan laki-laki (131 juta).

Pada usia kerja utama, hanya 61 persen perempuan yang berada dalam angkatan kerja dibandingkan 90 persen laki-laki.

Lebih dari 100 juta perempuan dan anak perempuan dapat keluar dari kemiskinan jika pemerintah memprioritaskan pendidikan dan keluarga berencana, upah yang adil dan setara, serta memperluas manfaat sosial.

Hampir 300 juta lapangan kerja dapat diciptakan pada tahun 2035 melalui investasi pada layanan perawatan, seperti penyediaan tempat penitipan anak dan perawatan lansia.
 
Dan menutup kesenjangan pekerjaan gender dapat meningkatkan produk domestik bruto per kapita sebesar 20 persen di seluruh wilayah.

Kenyataan yang ada saat ini jauh dari hal tersebut.
 
Program-program yang didedikasikan untuk kesetaraan gender hanya mewakili 4 persen dari bantuan pembangunan resmi.
 
Diperlukan tambahan USD 360 miliar di negara-negara berkembang setiap tahunnya untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
 
Misalnya, jumlah ini kurang dari seperlima dari 2,2 triliun dolar AS yang dihabiskan secara global untuk belanja militer pada tahun 2022.

Yang pertama dan terpenting harus ada investasi dalam perdamaian.
 
Selain itu, investasi yang dibutuhkan meliputi: undang-undang dan kebijakan yang memajukan hak-hak perempuan dan anak perempuan; transformasi norma-norma sosial yang menghambat kesetaraan gender; menjamin akses perempuan terhadap tanah, properti, layanan kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan yang layak; dan mendanai jaringan kelompok perempuan di semua tingkatan.

UN Women juga menyerukan kepada negara-negara anggota Komisi Status Perempuan, yang dimulai di New York pada 11 Maret 2024, untuk mendukung komitmen mereka terhadap kesetaraan gender dengan sumber daya.
 
Para pemimpin dunia memiliki kesempatan untuk mengembangkan kesimpulan konkrit dan progresif yang mencerminkan pentingnya pendanaan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan organisasi perempuan.
 
Mereka harus memanfaatkannya demi kesetaraan, planet kita, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
 
BACA JUGA:Hari Perempuan Internasional, Mayoritas Nakes Didapuk Wanita sebagai Garda Terdepan Kesehatan

Sejarah Hari Perempuan Sedunia

Hari Perempuan Internasional (IWD) siap dirayakan tahun ini pada tanggal 8 Maret secara global, dengan fokus pada pengakuan atas pencapaian perempuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan tema tahun ini sebagai ‘Berinvestasi pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan’ yang bertujuan untuk mengatasi ketidakberdayaan ekonomi. Sedangkan tema kampanye pada tahun yang sama adalah 'Inspire Inclusion'.

Melalui kampanye ini, pentingnya keberagaman dan pemberdayaan di seluruh aspek masyarakat ditekankan.
Tema kampanye ini juga menggarisbawahi pentingnya peran inklusi dalam mencapai kesetaraan gender.

Pada tanggal 28 Februari 1909, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingati Hari Perempuan Nasional yang pertama, diikuti dengan deklarasi oleh Partai Sosialis Amerika.

Untuk mengadvokasi hak-hak dan hak pilih perempuan, Clara Zetkin mengusulkan pembentukan Hari Perempuan tahunan pada tahun 1910 selama Konferensi Internasional untuk Perempuan Pekerja di Kopenhagen.
 
Hal ini mendapat persetujuan dengan suara bulat, yang mengarah pada Hari Perempuan Internasional pertama yang dirayakan pada tahun 1911 di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Hari Perempuan Internasional memiliki arti penting bagi kesetaraan gender dan hak-hak perempuan.
 
Hari ini memberikan platform untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak perempuan di berbagai sektor termasuk pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: un woman