Belajar Soal Insiden Batik Air, Ternyata Pilot Boleh Tidur saat Mengudara, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Belajar Soal Insiden Batik Air, Ternyata Pilot Boleh Tidur saat Mengudara, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Ilustrasi istirahat untuk pilot yang sedang dalam penerbangan-Dok. Flight Deck Friend-

JAKARTA, DISWAY.ID - Viral dua awak Pesawat Batik Air BTK6723 yang tertidur saat penerbangan Kendari-Jakarta pada 25 Januari 2024 menjadi perhatian dunia penerbangan Indonesia. 

Gegara kesalahan ini, Pilot dan Kopilot Batik Air dinonaktifkan hingga Kementerian Perhubungan harus turun tangan. 

BACA JUGA:Imbas Awak Pesawat Tertidur 28 Menit Saat Penerbangan Kendari-Jakarta, Batik Air Nonaktifkan Pilot dan Kopilot!

BACA JUGA:Terungkap! Hasil Investigasi KNKT, Kopilot Batik Air Ketiduran Karena Kelelahan Urus Bayi dan Pindahan Rumah

Bagaimana tidak, pilot dan kopilot yang semestinya terjaga atau bergantian istirahat malah terlelap saat penerbangan yang membawa 153 penumpang itu. 

Lantas, bolehkah pilot dan kopilot tidur atau sekadar beristirahat saat penerbangan? 

Melansir Flight Deck Friend, pilot dan kopilot boleh tidur saat perjalanan udara. Namun, prosedur istirahat atau tidur wajib mematuhi aturan yang sangat ketat sesuai standar penerbangan internasional. 

Pilot boleh diizinkan tidur bagi yang tengah melakukan penerbangan jarak jauh atau durasi penerbangan lebih dari 3 jam. Untuk penerbangan jarak pendek, tidur diizinkan guna istirahat demi menghindari efek kelelahan.

BACA JUGA:Gawat, Laporan Investigasi KNKT Menyebut Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta 25 Januari 2024

BACA JUGA:Bocoran Rencana Operasi Pembebasan Pilot Susi Air Beredar: Termasuk Operasi Penghabisan Gerakan TPNPB-OPM

Dalam dunia aviasi, istirahat untuk pilot dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni controlled rest (istirahat terkendali) dan bunk rest (istirahat di tempat tidur).

Controlled rest merupakan istirahat yang dilakukan di dalam kokpit, sedangkan Bunk Rest istirahat yang dilakukan di kabin penumpang berupa ranjang khusus untuk pilot dan kopilot. 

Bunk rest biasanya dilakukan di tempat tidur susun khusus kru yang biasanya ada pada pesawat jarak jauh.

Istirahat atau tidur menjadi praktik hal yang lumrah di dunia aviasi. Sebab, istirahat yang cukup menjadi faktor penentu keselamatan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: