Ini Manfaat Penting Imunisasi untuk Anak, Ada 3 Jenis Vaksin Terbaru

Ini Manfaat Penting Imunisasi untuk Anak, Ada 3 Jenis Vaksin Terbaru

Pentingnya anak diimunisasi-Ini daftar 3 jenis vaksin terbaru-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk mau membawa anaknya untuk diimunisasi. 

Budi menekankan pentingnya pemberian imunisasi kepada dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat sekaligus bekal untuk menuju Indonesia Maju 2045. 

Menurutnya, cara ini harus beriringan dengan pemberian edukasi dan skrining kesehatan secara berkala.

“Program promotif preventif untuk anak-anak itu, pertama keluarganya harus diedukasi, kedua harus lebih sering diskrining dan yang ketiga imunisasi. Ini tiga program utama di preventif care,” kata Budi saat menghadiri acara National Workshop Pediatric Association Advocacy for Immunization Priorities di Jakarta.

BACA JUGA:Menkes Budi Gunadi Ajak IDAI Edukasi Imunisasi Melalui Medsos

Ada 3 Jenis Imunisasi Terbaru

Budi mengatakan, saat ini pemerintah telah menambah 3 antigen imunisasi baru ke dalam program imunisasi nasional.

Ketiga jenis imunisasi tersebut, yakni HPV untuk mencegah kanker serviks, PCV untuk pneumonia, dan Rotavirus buat mencegah diare.

Dengan tambahan itu, total ada 14 jenis vaksin yang wajib dipenuhi. “Indonesia tadinya memiliki 11 antigen. Atas rekomendasi para ahli dinaikkan jadi 14 antigen. Kita tambahnya 3 antigen, yaitu PCV, Rotavirus, dan HPV,” terang Budi. 

BACA JUGA:Vaksin Polio Terbukti Ampuh, 8,7 Juta Anak Indonesia Sudah Diimunisasi dengan 2 Dosis

Budi menjelaskan, penambahan tiga antigen baru itu lantaran banyak kasus kesakitan, bahkan kematian pada anak, yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Menkes menambahkan, pemberian imunisasi menjadi salah satu intervensi paling efektif untuk memberikan kekebalan tambahan pada anak sehingga mereka terlindungi dari paparan virus penyebab penyakit tersebut.

“Dua dari tiga imunisasi, yaitu PCV dan Rotavirus, kita berikan karena kita lihat anak-anak kita paling banyak meninggalnya karena apa. Salah satu penyebab utamanya adalah infeksi. Infeksi yang tinggi itu karena pneumonia dan diare,” kata Budi.

“Untuk bisa anak-anak kita sehat, intervensinya harus preventif, salah satunya adalah imunisasi. Imunisasi itu harus diberikan lengkap supaya nanti daya tahan tubuhnya siap kalau ada penyakit menular yang menyerang,” ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes