Vaksin Polio Terbukti Ampuh, 8,7 Juta Anak Indonesia Sudah Diimunisasi dengan 2 Dosis

Vaksin Polio Terbukti Ampuh, 8,7 Juta Anak Indonesia Sudah Diimunisasi dengan 2 Dosis

Imunisasi polio-Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digelar dengan menyasar jutaan anak-Kemenkes

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 8,7 juta anak di Indonesia sudah terjangkau dalam Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio.

Mereka berada di 74 kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Sub PIN ini merupakan respons cepat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap wabah polio yang terjadi pada akhir Desember 2023.

Dalam penyelenggaraan Sub PIN Polio ini, Kemenkes bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan UNICEF. 

Putaran pertama imunisasi dimulai pada 15 Januari dan putaran kedua pada 19 Februari. 

BACA JUGA:Jutaan Anak Sudah Diimunisasi Polio di 3 Provinsi, Ini Rinciannya

Dosis Vaksin Polio

Hingga 5 Maret 2024, sekitar 8,7 juta anak berusia 0-7 tahun di wilayah-wilayah sasaran telah menerima dua dosis penuh vaksin polio, yang melindungi mereka dari penyakit yang sangat menular itu.

Di Pulau Madura, para pimpinan daerah di Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep mendukung kegiatan ini dengan membuat deklarasi “Madura 100%”.

Deklarasi dan dukungan ini untuk membantu memastikan target Sub PIN Polio tercapai melalui kolaborasi yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk sektor bisnis dan tokoh masyarakat.

Media juga mendukung upaya memerangi misinformasi dengan memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya dari sumber yang kredibel sehingga meningkatkan penerimaan vaksin oleh masyarakat.

Pada Sub PIN Polio putaran kedua, beberapa perusahaan dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Jawa Timur dan Jawa Tengah melakukan peran penting dalam mendorong para karyawannya agar memastikan anak-anak mereka mendapatkan imunisasi.

Di kedua fase Sub PIN Polio, tenaga kesehatan juga melakukan kunjungan dari pintu ke pintu untuk membantu memastikan cakupan imunisasi yang maksimal, bersamaan dengan imunisasi yang dilakukan di sekolah, posyandu dan puskesmas.

BACA JUGA:8,4 Juta Anak Usia 0-7 Tahun Ikut PIN Polio, Sudah Imunisasi Tetap Wajib

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: p2ptm kemenkes ri