Ini Dosis Vaksin dan Usia Anak Ikut Imunisasi Polio, Gratis!

Ini Dosis Vaksin dan Usia Anak Ikut Imunisasi Polio, Gratis!

Imunisasi polio-Serentak secara nasional digelar 15 Januari 2024-Kemenkes

JAKARTA, DISWAY.ID - Masyarakat diminta membawa anaknya ke pusat pelayanan kesehatan pada 15 Januari 2024 untuk imunisasi.

Kementerian Kesehatan menjadwalkan imunisasi polio akan dilaksanakan serentak secara nasional.

Siapa saja sasarannya?

Bagaimana dosisnya?

Imunisasi dilakukan di tengah munculnya kekhawatiran kasus lumpuh layu akibat virus polio

Dalam keterangan resmi, Kementerian Kesehatan bakal menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio atau Sub PIN Polio secara serentak mulai Senin, 15 Januari 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio, menyusul penemuan kasus lumpuh layu di Kabupaten Pamekasan dan Sampang, Jawa Timur; serta Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

“Pemerintah bersama Komite Imunisasi Nasional telah memberikan rekomendasi untuk segera merespons KLB dengan memberikan imunisasi tambahan atau yang dikenal dengan Sub Pekan Imunisasi Polio (Sub PIN Polio),” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu secara virtual. 

BACA JUGA:Muncul 3 Kasus Anak Lumpuh Layu Dipicu Virus Polio, Terbaru di Jatim

Sasaran Wilayah

Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio.

Pemberian imunisasi tambahan juga dilakukan di Kabupaten Sleman DIY, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, lokasi ditemukannya kasus polio beberapa waktu lalu. 

“Sekalipun di DIY tidak ada kasus, tapi yang kita takuti itu, sirkulasi virusnya ada di kabupaten tetangga, sama seperti di Aceh, imunisasi tambahan juga kita lakukan di Sumatera Utara,” terangnya. 

Usia Anak Ikut Imunisasi Polio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes