Sengaja Meninggalkan Puasa Ramadan Apa Konsekuensinya? Ini Jawaban Ustaz Khalid Basalamah

Sengaja Meninggalkan Puasa Ramadan Apa Konsekuensinya? Ini Jawaban Ustaz Khalid Basalamah

Ilsutrasi. Ada konsekuensi seorang muslim sengaja tinggalkan puasa ramadhan-Foto/Freepik-

Dari sahabat bernama Abu Ummah al-Bahili, Rasulullah menyebut ada ancaman siksaan mengerikan bagi yang sengaja meninggalkan puasa Ramadan.

"Ketika aku sedang tidur, tiba-tiba ada dua laki-laki yang mendatangiku. Keduanya memegangi kedua lengku, kemudian membawaku ke sebuah gunung terjal. Keduanya berkata; Keduanya berkata, 'Naiklah!' Aku menjawab, 'Aku tidak mampu'. Keduanya berkata, 'Kami akan memudahkannya untukmu'. Maka aku naik. Ketika aku berada di tengah gunung itu, tiba-tiba aku mendengar suara-suara yang keras, sehingga aku bertanya, 'Suara apa itu?' Mereka menjawab, 'Itu teriakan penduduk neraka'. Kemudian aku dibawa ke tempat lain, tiba-tiba aku melihat sekelompok orang digantung terbalik dengan urat-urat kaki mereka sebagai ikatan. Ujung-ujung mulut mereka sobek dan mengalirkan darah. Aku bertanya, 'Mereka itu siapa?' Keduanya menjawab, 'Mereka adalah orang-orang yang berbuka puasa sebelum waktunya'." [HR. Ibnu Hibban No. 7491].

Dalam keterangannya, Ustaz Khalid menjelaskan ancaman siksaan tersebut berlaku kepada orang yang sengaja menghiraukan puasa Ramadan sampai dia meninggal dunia dan belum bertaubat.

BACA JUGA:BKT Tempat Favorit Ngabuburit Warga Sambil Menunggu Berbuka Puasa

BACA JUGA:Masjid Agung Al-Azhar Siapkan Beragam Kegiatan Spesial Selama Ramadhan 2024, Sediakan 700 Boks Makanan Buka Puasa

"Padahal sudah jelas bagi seorang Muslim bahwa ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi siapa saja setiap muslim yang bertemu di bulan Ramadhan," tulisnya.

Ustaz lalu membawakan ayat Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183 seperti disebutkan di atas.

Penceramah asal Jakarta itu menegaskan, puasa Ramadan termasuk rukun Islam yang harus wajibkan dilaksanakan.

"Dan dia juga telah meninggalkan salah satu dari rukun Islam yaitu berpuasa di bulan Ramadhan," tulisnya.

BACA JUGA:Ide Ngabuburit Jelang Buka Puasa, Setu Babakan Bisa Jadi Pilihan

BACA JUGA:Simak Dua Versi Bacaan Doa Buka Puasa yang Diajarkan Rasulullah SAW, Apa Saja?

Hal ini sesuai dengan ucapan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ia bersabda;

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

"Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan." (HR. Bukhari No. 8 & HR. Muslim No. 16)

Wajib Bertaubat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: