Perhatian, Pemudik yang Menyeberang Lewat Merak Wajib Miliki Tiket H-1 Keberangkatan

Perhatian, Pemudik yang Menyeberang Lewat Merak Wajib Miliki Tiket H-1 Keberangkatan

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama ASDP dan Korlantas Polri meninjau kesiapan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten dalam menghadapi musim mudik lebaran, Kamis 14 Maret 2024-Dok. ASDP-

MERAK, DISWAY.ID - Persiapan mudik Lebaran 2024 terus dikebut pihak ASDP yang berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mewajibkan tiap penumpang memiliki tiket maksimum H-1 keberangkatan. 

BACA JUGA:KMP Mutiara Berkah I Terbakar di Pelabuhan Merak, Penumpang Dievakuasi Menggunakan Crane

BACA JUGA:ASDP Tutup Penyeberangan Ketapang Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar Saat Perayaan Nyepi

Hal ini bertujuan untuk memperlancar angkutan di Dermaga Pelabuhan Merak sehingga bisa mempercepat penyeberangan menuju Bakauheni, Lampung.

"Kami memberikan pelayanan dengan optimal agar penyeberangan Merak - Bakauheni pada Angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar," kata Hendro saat meninjau kesiapan angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak yang dimuat laman resmi ASDP, Kamis 14 Maret 2024.

Hendro memprediksi pada Lebaran 2024 akan terjadi kenaikan sebesar 15 persen mengacu dari realisisasi angkutan Lebaran tahun lalu.

Sehingga pada Lebaran tahun ini pihaknya bakal mengoperasikan kembali beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan, seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat yang mengarah ke Pulau Sumatera.

 BACA JUGA:Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan

BACA JUGA:Rakor Bersama Mitra Darat Kemenhub , ASDP Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Jelang Mudik Lebaran 2024

Adapun khusus lintas Merak-Bakauheni rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler), sementara lintas Ciwandan - Bakauheni disiapkan 10 kapal dan BBJ - Muara Pilu akan dilayani 5 kapal.

Hendro mengungkap layanan penyeberangan dari Jawa menuju Sumatera selama periode mudik akan terbagi melalui tiga operasional pelabuhan yakni ASDP Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara. Pelabuhan ASDP Merak akan layani penumpang golongan penumpang pejalan kaki, kendaraan roda empat, dan bus serta truk golongan VB.

Sementara pelabuhan Ciwandan dibuka untuk melayani kendaraan roda dua dan truk golongan VIB dan VII. Adapun pelabuhan BBJ Bojonegara akan khusus menyeberangkan truk golongan VIII dan IX.

Pemudik yang membeli tiket melalui Ferizy, nantinya akan tercantum informasi pada tiket dari pelabuhan mana lokasi pemberangkatan penyeberangan kapal ferry sesuai golongan yang telah dipilih sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: