ASDP Tutup Penyeberangan Ketapang Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar Saat Perayaan Nyepi

ASDP Tutup Penyeberangan Ketapang Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar Saat Perayaan Nyepi

PT ASDP Indonesia Ferry menutup sejumlah pelabuhan penyeberangan dari dan ke Pulau Bali saat perayaan Hari Nyepi pada 11 Maret 2024-Dok. ASDP-

JAKARTA, DISWAY.ID - Jelang perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946 yang jatuh pada Senin 11 Maret mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan penutupan sementara layanan penyeberangan fery

Penutupan itu dilakukan di lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Padangbai-Lembar mulai Senin 11 Maret 2024 pukul 05.00 WITA hingga Selasa 12 Maret 2024 pukul 06.00 WITA.

BACA JUGA:Rakor Bersama Mitra Darat Kemenhub , ASDP Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Jelang Mudik Lebaran 2024

BACA JUGA:Antisipasi Puncak Libur Nataru, ASDP Alihkan Kendaraan Golongan VIII dan IX ke Pelabuhan Ciwandan

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan penutupan dua lintasan dari dan menuju Pulau Bali tersebut menindaklanjuti Seruan Bersama tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946. 

Seruan itu ditandatangani pemuka agama dan tokoh masyarakat, yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali. 

Seruan bersama itu ditandatangani pada 2 Februari 2024 tersebut turut diketahui pula Kepala Kepolisian Daerah Bali, Komandan Komando Resor Militer 163/Wira Satya, dan Pj Gubernur Bali.

“Untuk menghormati umat Hindu yang merayakan Hari Suci Nyepi ini, terutama di pulau Bali yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, ASDP akan menutup pelayanan operasional pelabuhan dan penyeberangan milik ASDP yang menjadi salah satu gerbang masuk dan keluar dari Pulau Bali,” ujar Shelvy dalam keterangannya dikutip Disway.id, Minggu 10 Maret 2024.

BACA JUGA:Kemenhub Antisipasi Risiko Pengiriman Kendaraan Listrik Melalui Angkutan Penyeberangan

BACA JUGA:Nyepi Berbarengan dengan Hari Pertama Ramadan, Gus Yaqut: Momentum Umat Hindu dan Islam Saling Introspeksi

Adapun pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ditutup mulai hari Senin (11/3) pukul 01.00 WITA dengan pelayanan terakhir kapal regular dari Pelabuhan Ketapang pada Minggu (10/3) pukul 23.00 WITA. 

Untuk mengantisipasi pengguna jasa yang belum terangkut dari Pelabuhan Gilimanuk dilanjutkan oleh Kapal Posko/Kapal Ekstra yang akan beroperasi sampai dengan pukul 05.00 WITA, kemudian Pelabuhan Gilimanuk ditutup pada pukul 05.00 WITA.

Kapal pertama dari Pelabuhan Ketapang akan diberangkatkan pada hari Selasa 12 Maret pukul 05.00 WIB. 

Kemudian, keberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Padangbai, Karangsem menuju Pelabuhan Lembar, Lombok sebelum Nyepi dimulai adalah pada Senin (11/3) pukul 03.30 WITA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: