Rakor Bersama Mitra Darat Kemenhub , ASDP Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Jelang Mudik Lebaran 2024

Rakor Bersama Mitra Darat Kemenhub , ASDP Pastikan Kesiapan Sarana dan Prasarana Jelang Mudik Lebaran 2024

ASDP dan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menggelar rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran 2024, Rabu 6 Maret 2024-Dok. ASDP-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam rangka mendukung keamanan, kelancaran dan kenyamanan saat layanan Angkutan Lebaran tahun 2024/1445 H, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar rapat koordinasi.

Rapat bersama mitra darat Kemenhub itu dalam rangka Kesiapan dan Penanganan Arus Mudik 2024 pada lintas penyeberangan MerakBakauheni di Kantor Pusat ASDP, Jakarta Pusat, Rabu 6 Maret 2024 kemarin.

BACA JUGA:Pemprov DKI Jakarta Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Sediakan 210 Bus dan 13 Truk

BACA JUGA:Daftar Mudik Bareng Honda 2024 Bisa Lewat Aplikasi WANDA, Ini Langkah-langkahnya!

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan pentingnya kolaborasi antara ASDP dan seluruh pihak dalam memastikan keselamatan dan kepuasan pemudik selama musim mudik Lebaran.

"Angkutan Lebaran tahun lalu, arus mudik berjalan dengan baik dan lancar. Strategi tahun ini kurang lebih sama dengan tahun kemarin, namun tetap akan ada perbaikan dan evaluasi demi kelancaran bersama," ujarnya.

Senada dengan hal itu, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menjelaskan kesiapan ASDP khususnya dari segi perbaikan operasi angkutan Lebaran. Ia memastikan pemudik sudah bisa memesan tiket penyeberangan sejak H-7.

"Ada beberapa hal yang diterapkan dalam angkutan lebaran tahun ini yang berkaitan dengan segmentasi pelayanan pelabuhan H-7 hingga H-1, dimana Pelabuhan Merak (Merak-Bakauheni) melayani pejalan kaki, kendaraan penumpang (golongan IVA, VA, dan VIA), dan truk golongan IVB & VB. Sedangkan untuk Pelabuhan Ciwandan (Ciwandan-Bakauheni) akan melayani kendaraan roda 2, kendaraan truk golongan VIB dan VII tujuan Pelabuhan Bakauheni serta untuk Pelabuhan BBJ (Bojonegara-Muara Pilu) yang ditetapkan untuk melayani truk gol. VIII & IX," tuturnya.

BACA JUGA:Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran dari Korlantas Polri, Waspada Agar Gak Terjebak Macet

BACA JUGA:Asyik! Tiket Tambahan KA Mudik Lebaran 2024 Tersedia, Ini Cara Pesan dan Rute Lengkap

Adapun dari segi sarana pra sarana lainnya yaitu peningkatan kapasitas Dermaga 2 Merak yang semula 3.000 GT menjadi 10.000 GT, hingga penyediaan Travelator pada Access Bridge Menuju Dermaga Reguler Merak.

Ira menambahkan bahwa khusus untuk kapal operasi di lintas Merak-Bakauheni terdapat 66 armada yang beroperasi yaitu express 6 kapal dan reguler 60 kapal. Sedangkan penyediaan armada di Ciwandan sebanyak 10 kapal dan BBJ sejumlah 5 kapal.

"Tidak hanya itu, hal baru yang kita terapkan adalah kita akan menggunakan data trafik yang lebih akurat sehingga pengambilan keputusan dapat dioptimalisasi berdasarkan pada data actual," tambah Ira.

Dalam rapat koordinasi mitra darat juga disampaikan implementasi Radius Batas (Geofencing) Pembelian Tiket di Merak sejauh 4,71 KM dan Bakauheni sejauh 4,24 KM sedangkan untuk Ketapang radius diterapkan sejauh 2,65 KM (batas Terminal Sritanjung) dan Gilimanuk 2 KM (batas Terminal Kargo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: