Ajarkan Anak Kebaikan Selama Ramadhan dengan Saling Berbagi, Ini Manfaatnya

Ajarkan Anak Kebaikan Selama Ramadhan dengan Saling Berbagi, Ini Manfaatnya

Tips Parenting-Ini manfaat mengajarkan anak saling berbagi di bulan Ramadhan-Momogi

Dalam kegiatan #BerbagiMomogi, Momogi juga akan mendatangi sekolah-sekolah dan panti asuhan di beberapa kota seperti  untuk mengajarkan anak-anak berbagi ke sesama.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Momogi juga akan meluncurkan produk exclusive limited edition yakni Momogi Exclusive Box Lebaran dan Momogi Fun Snack Ramadhan Edition yang dapat dibeli melalui e-commerce (Shopee dan Tokopedia) dan warung-warung / toko-toko terdekat.

Dalam penelitian, ada beberapa manfaat mengajarkan anak saling berbagi sejak dini. 

BACA JUGA:Lanjut Tidur Usai Sahur? Simak Tips Jaga Kualitas Istirahat Selama Ramadhan

Manfaat Ajarkan Anak Saling Berbagi

1. Perilaku Murah Hari

Penelitian yang dilakukan selama beberapa dekade telah menemukan bahwa anak-anak akan lebih cenderung bersikap baik dan murah hati ketika mereka memiliki setidaknya satu orangtua yang memberikan contoh perilaku tersebut untuk mereka.

Namun baru-baru ini, penelitian yang dilakukan oleh Mark Ottoni-Wilhelm dari Indiana University menggarisbawahi bahwa penting juga bagi orangtua untuk berdiskusi dengan anak-anak mereka tentang kemurahan hati.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Keutamaan Ramadhan, Ternyata Puasa Membuat Orang Lebih Kuat

2. Lebih Berempati

Agar anak-anak merasa terdorong untuk membantu orang lain, pertama-tama mereka harus menyadari bahwa bantuan mereka benar-benar dibutuhkan.

Di sini orang tua dapat memanfaatkan kecenderungan kuat anak-anak untuk berempati—yang terlihat pada tahap awal kehidupan—yang memungkinkan mereka memahami emosi dan kebutuhan orang lain.

3. Termotivasi Berbuat Kebaikan

Temuan penting dari penelitian terhadap orang dewasa adalah bahwa mereka akan memperoleh kebahagiaan yang lebih besar dari kemurahan hati mereka—dan dengan demikian lebih termotivasi untuk memberi lagi—jika mereka dapat melihat dampaknya terhadap orang lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: