Solid! Gagahnya Kim Jong Un Perdana Naik Mobil Limousin Hadiah dari Vladimir Putin

Solid! Gagahnya Kim Jong Un Perdana Naik Mobil Limousin Hadiah dari Vladimir Putin

Kim Jong Un semobil dengan Putin-Dihadiahi mobil limousin-yonhap/Korea Times

JAKARTA, DISWAY.ID – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tampil mentereng saat perdana menggunakan mobil pribadi buatan Rusia, yang dihadiahkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mobil itu dihadiahkan langsung oleh Putin dalam sebuah acara publik.

“Ini sebagai bukti nyata (hubungan) persahabatan kedua negara,” kata saudara perempuan Kim Jong Un, Sabtu, dikutip dari Korea Times.

BACA JUGA:Pilpres Rusia 2024, Vladimir Putin Resmi Presiden Seumur Hidup Mengalahkan Josef Stalin

Bulan lalu, Korea Utara mengatakan Putin mengirim mobil buatan Rusia untuk penggunaan pribadi kepada pemimpin Korea Utara sebagai hadiah yang menunjukkan ikatan khusus antara kedua pemimpin tersebut. Rusia menyebut mobil tersebut adalah limousin.

Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara yang berkuasa, mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara menggunakan mobil tersebut dalam sebuah acara terbuka pada hari Jumat, tanpa menjelaskan lebih lanjut, menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Hal itu menurutnya, menjadi bukti persahabatan kedua pemimpin itu semakin solid. 

BACA JUGA:Kim Jong Un Ungkap Punya Musuh Nomor 1, Itu Bukan AS

“Saya sangat senang pemimpin tertinggi Partai dan negara kita menggunakan mobil pribadi khusus yang dikirim oleh kepala negara Rusia sebagai hadiah,” katanya dalam pernyataan yang dilansir KCNA.

Kim mengatakan fungsi khusus dari mobil pribadi itu sempurna dan dapat dipercaya sepenuhnya.

Dia menyatakan bahwa hadiah tersebut adalah bukti nyata yang menunjukkan persahabatan Korea Utara-Rusia berkembang.

“Pada komprehensif pada tahap baru yang lebih erat,” ucapnya.

BACA JUGA:Kim Jong Un Ungkap Korea Selatan Musuh Utamanya: Lewati Perbatasan Sedikit Saja Berarti Perang

Melanggar Resolusi PBB

Pengiriman mobil mewah oleh Rusia ke Korea Utara merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang pasokan, penjualan, dan pengiriman barang-barang mewah, termasuk mobil, ke Pyongyang.

Putin menunjukkan limousin kepresidenan Aurus Senat kepada Kim pada September tahun lalu, ketika pemimpin Korea Utara mengunjungi Kosmodrom Vostochny Rusia untuk menghadiri pertemuan puncak, dan menawarinya kesempatan untuk duduk di kendaraan mewah buatan Rusia.

Korea Utara dan Rusia telah memperdalam kerja sama militer di tengah kecurigaan bahwa Pyongyang telah memberikan amunisi dan artileri ke Moskow untuk digunakan dalam perang Rusia di Ukraina.

Pyongyang dan Moskow telah menjalin hubungan yang lebih erat sejak Kim bertemu Putin di Rusia pada bulan September dan berjanji untuk memperdalam hubungan militer.

Mereka membantah tuduhan Barat bahwa Korea Utara memasok peluru artileri dan rudal ke Rusia yang digunakan dalam invasi Putin ke Ukraina.

BACA JUGA:Dipantau Kim Jong Un, Korea Utara Luncurkan Roket Pembawa Satelit Mata-Mata

Mengawasi latihan perang udara

Kim Jong Un mengawasi latihan perang udara setelah latihan tahunan gabungan yang melibatkan Korea Selatan dan Amerika Serikat selesai minggu ini.

Latihan gabungan Korea Selatan-AS adalah yang pertama sejak Pyongyang pada bulan November membatalkan pakta militer antar-Korea tahun 2018 yang bertujuan untuk meredakan ketegangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: