Kuliah Umum di Untar, Moeldoko Ungkap Tantangan Anak Muda Hadapi Indonesia Emas 2045

Kuliah Umum di Untar, Moeldoko Ungkap Tantangan Anak Muda Hadapi Indonesia Emas 2045

Moeldoko Kuliah Umum di Untar-Bicara soal tantangan Indonesia Emas 2045-Untar

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Staf Kepresidenan Indonesia yang juga Ketua Umum Perkumpulan Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jend TNI Moeldoko menjadi dosen tamu di Universitas Tarumanagara (Untar).

Dalam kuliah umumnya, Moeldoko memaparkan sejumlah tantangan anak muda menghadapi Indonesia Emas 2024. 

Menurutnya, hal ini membuat Indonesia memiliki potensi untuk menjadi sebuah negara maju dengan daya saing dan penghasilan tinggi, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA:Moeldoko Tegaskan Presiden Punya Hak Politik, Acuannya UU Pemilu

Untuk mencapai visi tersebut di tahun 2045, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan bertalenta dengan daya saing tingkat internasional. Namun, statistik menunjukkan bahwa Indonesia masih tertinggal dalam beberapa aspek yang berkaitan dengan SDM. 

Menyikapi hal tersebut, Moeldoko menyampaikan bahwa Pemerintah telah merancang strategi yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). 

Moeldoko berpendapat RPJMN yang mencakup pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, reformasi regulasi, reformasi birokrasi, serta transformasi ekonomi, merupakan strategi jitu untuk mengembangkan generasi muda Indonesia menjadi SDM unggul. 

BACA JUGA:Komentar Moeldoko Soal Pilot Susi Air yang Sudah 9 Bulan DIsandera KST: Nanti Bisa Selesai, Tapi..

“Indonesia telah menggelontorkan dana besar di pendidikan untuk menggerakkan generasi muda menjadi SDM unggul,” pungkasnya.

Moeldoko juga mengatakan Untar sebagai perguruan tinggi telah menjalankan pembelajaran yang dapat menciptakan lulusan mumpuni. 

“Untar telah menyiapkan bagaimana menggabungkan antara ilmu yang didapatkan dan dunia nyata yang dialami,” tutup Moeldoko. 

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan kolaborasi ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar lebih banyak dengan terjun langsung ke dunia industri agar siap menjawab kebutuhan kebutuhan dunia industri.

BACA JUGA:Kubu Moeldoko Legowo dan Ucapkan Selamat, AHY Memaafkan: Tapi..

“Mahasiswa yang memiliki kemampuan secara komprehensif, baik teori dan pengalaman lapangan, ditambah memiliki kemampuan riset akan memperkuat di segala sektor. Untar telah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu mengatasi berbagai permasalahan bangsa melalui berbagai kegiatan peningkatan kompetensi dengan dilandasi nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship,” ungkap Rektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: untar