Cegah Penumpukan, Pemudik Istirahat Maksimal 30 Menit di Rest Area

Cegah Penumpukan, Pemudik Istirahat Maksimal 30 Menit di Rest Area

Menteri PMK Muhadjir Effendy usai rapat bersama lintas sektor Operasi Ketupat 2024.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah akan membatasi penggunaan rest area saat arus mudik Lebaran 2024 maksimal 30 menit

Pembatasan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan di Rest Area.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menghadiri Rapat Koordinator Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Begini Upaya Astra Infra Urai Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2024, Juga Beri Diskon Tarif

"Untuk rest area tetap ya, maksimum dibatasi 30 menit berada di rest area, dan kurang dari itu lebih bagus," kata Muhadjir.

Muhadjir mengimbau bagi pemudik yang telah selesai menggunakan rest area untuk segera meninggalkan tempat untuk menghindari terjadinya antrian panjang.

"Segera meninggalkan rest area setelah terpenuhi keperluannya dan istirahat cukup jangn berlama-lama di rest area, karena yang nunggu yang akan masuk juga berdesak-desakan," ungkapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan saat ini pihaknya tengah mensimulasikan penggunaan fasilitas tambahan seperti toilet.

BACA JUGA:Ayo Buruan! 1,5 Juta Tiket KA Lebaran 2024 Masih Tersedia

"Sekarang ini lagi kita simulasikan fasilitas fasilitas tambahan terutama untuk toilet, dan toilet ini yang akan diperbanyak adalah toilet untuk perempuan, karena yang berlama lama di toilet itu ternyata perempuan. Jadi mudah-mudahan kasus yang terjadi tahun lalu di mana berantrian yang panjang memasuki rest area yang kemudian mengganggu jalan itu akan bisa dikurangi untuk tahun ini," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: