Gelar Ramadan Ceria Pangan, NFA Gencarkan Edukasi Selamatkan Pangan

Gelar Ramadan Ceria Pangan, NFA Gencarkan Edukasi Selamatkan Pangan

Gelar Ramadan Ceria Pangan, NFA Gencarkan Edukasi Selamatkan Pangan-Dok.NFA-

JAKARTA, DISWAY. ID – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus melakukan edukasi mengenai penurunan food loss and waste, dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat.

Edukasi ini di mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga dengan memanfaatkan momentum Ramadan, NFA berkolaborasi dengan berbagai stakeholder menggelar Ramadan Ceria Pangan (RCP) di berbagai daerah.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo mengatakan, ibu dan anak sangat penting untuk diinternalisasi nilai-nilai yang berkaitan dengan hidup sebagai modal dasar, dalam mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045

BACA JUGA:Mentan Andi Amran Tambah Anggaran Pupuk, Langsung Diapresiasi DPR

BACA JUGA:Peringati Nuzulu Quran, Basuki Hadimuljono Harap Al-Qur'an Jadi Pedoman Jajaran Kementerian PUPR

" Anak-anak ini akan memegang tongkat estafet di masa depan. Karena itu mereka perlu dibekali satu konsep tentang bagaimana berperilaku terhadap pangan secara lebih baik, tidak boros pangan, sehingga dampaknya tidak hanya pada dirinya, tapi juga pada lingkungan sekitarnya," ujar Nyoto.

Dalam sesi kegiatan Ramadan Ceria Pangan (RCP) kerja sama Superindo dan Food Bank of Indonesia (FOI) pada Senin, 1 April 2024 di Palmerah, Jakarta Barat, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA Nita Yulianis mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dimasifkan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Hal ini sesuai dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa sinergitas dan kolaborasi merupakan kunci dalam membangun ketahanan pangan yang kuat. 

BACA JUGA:Usai Bisnis Jastip, Kemendag Peringatkan Lagi Larangan Impor Pakaian Bekas

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu SDM Perdagangan, Bappebti Terbitkan Perba Nomor 3 Tahun 2024

"Alhamdulillah kita punya mitra luar biasa karena kita menyadari pemerintah tidak bisa sendiri. Karena itu kami apresiasi Superindo dan FOI berkolaborasi bersama kami sehingga bisa berbagi untuk semua. Jadi ini semua yang menyatukan kita adalah kebersamaan,” Ungkap Nita. 

Melalui kegiatan Ramadan Ceria Pangan ini, NFA melakukan dua pendekatan utama dalam upaya mengurangi pemborosan pangan.

Seperti mencegah terjadinya kemubadziran pangan melalui upaya sosialisasi, promosi, advokasi, dan fasilitasi aksi penyelamatan pangan untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui penyediaan mobil logistik dan food truck serta upaya kolaboratif dengan para donatur pangan beserta penggiat “Selamatkan Pangan”. 

BACA JUGA:Katalog LKPP Versi 6 Makin Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: