Jalur Japek Hingga Pantura Karawang Mulai Ramai Pemudik

Jalur Japek Hingga Pantura Karawang Mulai Ramai Pemudik

Gerbang Tol Jakarta Cikampek-Jasamarga-Jasamarga

JAKARTA, DISWAY.ID-- Jelang momentum mudik lebaran 2024, jalan arteri Karawang dan Tol Jakarta-Cikampek mulai terlihat ramai dilewati pemudik dari arah Jakarta. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, seperti di jalan arteri pemudik mulai melewati Jalan Lingkar Luar Tanjungpura. Begitu pun di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terlihat sejumlah kendaraan pemudik yang mengangkut barang bawaan di atap mobil. 

BACA JUGA:H-5 Lebaran, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok

BACA JUGA:Heru Budi Lepas Pemudik Bareng Erick Thohir, Ingatkan Rumah dan Listrik Tetap Aman

"Kendati sudah dilewati kendaraan pemudik saat ini. Kondisi lalu lintas di Karawang masih dalam kategori normal. Jadi untuk kondisi saat ini untuk lalu lintas kategori kondisi lancar normal," ujar Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Jumat 5 Maret 2024.

Wirdhanto mengatakan, kondisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan 60 sampai 70 kilometer perjam. 

"Untuk jalur tol sekarang di jalur A maupun jalur B kondisi masih normal. Dan kendaraan terlihat masih bisa melaju 60 sampai 70 kilometer perjam," jelasnya.

BACA JUGA:Mudik Asyik Bersama BUMN 2024: TelkomGroup Berangkatkan Lebih Dari 2.000 Pemudik melalui Jalur Darat dan Laut

BACA JUGA:Jasa Marga Antarkan 1.226 Pemudik ke Kampung Halaman Melalui Mudik Gratis

Sedangkan di jalur arteri pantura, kata Wirdhanto, kondisi lalu lintas masih tergolong lancar dan normal. Saat ini pihak kepolisian belum melakukan cara bertindak melakukan rekayasa lalu lintas.

"Kita akan lihat setelah Jumatan juga saat menjelang buka puasa dan pergerakan kendaraan pada saat sahur nanti," ungkapnya.

Volume Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Sebelumnya diberitakan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 149.674 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 Hari Raya Idulfitri 1445H/Tahun 2024 atau pada Rabu, 3 April 2024. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat sebesar 14,33% jika dibandingkan lalin normal (dari 130.916 kendaraan). Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih rendah sebesar 16,40% (dari 179.028 kendaraan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: