Arus Balik, PMJ Siapkan Strategi Antisipasi Kemacetan

Arus Balik, PMJ Siapkan Strategi Antisipasi Kemacetan

Kombes Pol Latif Usman-m.ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Strategi antisipasi penumpukan kendaraan menuju Jakarta saat arus balik lebaran 2024 telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya telah mempersiapkan strategi karena ada satu juta lebih warga Jakarta yang mudik.

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar,” katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Prediksi Terjadi Pada H+5 Lebaran 2024

Diungkapkannya, pemudik yang menuju Jakarta dan sekitarnya diharapkan mengatur kepulangannya dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

“Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul menghimbau dari sekarang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk menghindari kemacetan di simpang susun Cikunir, masyarakat yang menuju ke Jorr Selatan menuju Pondok Indah, lalu Jorr Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota, warga bisa memanfaatkan tol fungsional.

Seperti Tol Cimanggis -Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB sampai 16 April 2024 jam 17.00 WIB.

BACA JUGA:Catat! Aturan Ganjil Genap Arus Balik Lebaran Dimulai 12- 16 April 2024, Ini Lokasinya!

“Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung). Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” jelasnya.

“Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” lanjutnya.

Jika Tol Dalam Kota pun terjadi penumpukan, pihaknya telah menyiapkan Contra Flow. 

Dengan begitu kendaraan yang akan menuju daerah Jakarta Barat bisa tetap jalan.

BACA JUGA:Penerapan One Way dan Contra Flow Arus Balik Ditunda, Korlantas Polri Ungkap Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: