Arus Balik Lebaran dari Surabaya ke Jakarta, Wajib Siapkan Saldo E-Toll Rp1.000.000

Arus Balik Lebaran dari Surabaya ke Jakarta, Wajib Siapkan Saldo E-Toll Rp1.000.000

Arus Balik Lebaran 2024-Pastikan saldo e-toll mencukupi-Jasa Marga

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah hal harus dilakukan saat persiapan arus balik Lebaran khususnya jika melintasi jalan tol, yakni menyiapkan e-toll. 

Data Jasa Marga, dari Semarang menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan 1 harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. 

Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp1.000.000. 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan lakukan perjalanan arus balik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan. 

BACA JUGA:One Way Jalur Puncak Tak Ampuh Atasi Macet di Puncak, Kendaraan Tertahan hingga Arah Jakarta

Pada periode H-7 sampai H2 atau 3-1 April 2024 arus mudik Hari Lebaran, terdapat 16 ribu kendaraan dengan saldo kurang di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. 

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, jumlah tersebut merupakan 4% dari total 385 ribu kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung pada periode yang sama 

Jika saldo e-toll kurang dan dilakukannya top up e-toll di gardu tol, maka akan mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan. 

“Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5% per jam. Yang semula dalam 1 menit kami bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu tol, maka 1 menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja,” imbuh Faiza pada Sabtu, 13 April 2024. 

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran 2024, 471 Ribu Sudah Kembali Serbu Jabotabek

Faiza mengingatkan besaran tarif tol yang harus disiapkan pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Surabaya dan Semarang menuju Jakarta yang nantinya akan melakukan transaksi di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

“Kami juga mengingatkan kembali kepada pengguna khususnya yang melakukan perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol,” ujar Faiza. 

Jasa Marga kembali mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima. 

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran 2024: Jalur Gentong Mulai Dipadati Pemudik Balik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: