One Way Jalur Puncak Tak Ampuh Atasi Macet di Puncak, Kendaraan Tertahan hingga Arah Jakarta

One Way Jalur Puncak Tak Ampuh Atasi Macet di Puncak, Kendaraan Tertahan hingga Arah Jakarta

Arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 13 April 2024-Istimewa -

JAKARTA, DISWAY.ID - Lebaran hari ketiga lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat terpantau macet parah sejak Sabtu 14 April 2024 siang.

Kepolisian langsung turun tangan mengurai kemacetan dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dari Puncak ke Jakarta sejak pukul 11.00 WIB.

BACA JUGA:Mulai Pukul 15.00 WIB Sore Ini, One Way GT Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang Hingga Cipali Diberlakukan

BACA JUGA:Penerapan One Way dan Contra Flow Arus Balik Ditunda, Korlantas Polri Ungkap Alasannya

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi,  mengatakan polisi memberikan prioritas kepada kendaraan yang akan turun ke arah Jakarta. Hal ini dikarenakan jumlah kendaraan bermotor jumlahnya cukup banyak yang hendak kembali ke Jakarta.

"One way diberlakukan ke arah Jakarta. Data sampai tadi pagi saja ada 18 ribu kendaraan," ungkap Edwin dalam keterangan tertulis.

Edwin menjelaskan pemberlakuan one way ke arah Jakarta dipercepat agar pengguna jalan tidak terjebak dalam kepadatan dan kemacetan. Diharapkan rekayasa lalu lintas ini mampu mengurai kemacetan bagi wisatawan yang hendak naik ke kawasan Puncak khususnya di daerah Ciawi. 

"Tadi pukul 11.00 WIB, arus lalin arah ke Puncak kita tutup. Lalu arus dari Puncak menuju Jakarta kita buka satu arah untuk pencairan pada 11.30 WIB," papar Edwin.

BACA JUGA:Polres Tasikmalaya Terapkan Sistem One Way di Jalur Gentong

BACA JUGA:Aturan Contra Flow dan One Way Berjalan Kondusif di Tol Cipali Hingga Kalikangkung, PT Jasa Marga: Tak Ada Penumpukan

Senada dengan hal itu, Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah ke Puncak pada pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. 

Selain satu arah, polisi juga menerapkan kebijakan ganjil genap untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Puncak.

Berdasarkan laporan Satlantas Polres Bogor ada ribuan kendaraan terpantau menuju ke arah Puncak dari exit Tol Ciawi sehingga menyebabkan kemacetan di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, mengatakan kemacetan tdrpantau dimulai dari Gerbang Tol (GT) Ciawi Km 44 sampai Simpang Gadog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: