Iran Ultimatum Israel Serang Pakai Senjata yang Belum Pernah Digunakan Sebelumnya, Ancaman Nuklir Kian Nyata

Iran Ultimatum Israel Serang Pakai Senjata yang Belum Pernah Digunakan Sebelumnya, Ancaman Nuklir Kian Nyata

Ancaman nuklir Iran-Menjadi kekhawatiran sendiri bagi Israel-NCRI National Council of Resistance of Iran

JAKARTA, DISWAY.ID - Benarkah Iran memiliki senjata nuklir?

Pasalnya, Iran mengancam akan mengerahkan segala kekuatan untuk senjata yang belum pernah digunakan sebelumnya terhadap Israel.

Pertanyaan mengenai nuklir menjadi semakin serius di Timur Tengah. 

“Iran siap menggunakan senjata yang belum pernah dikerahkan sebelumnya untuk mengatasi potensi eskalasi yang dilakukan Israel,” kata juru bicara Keamanan Nasional Iran setelah Israel memperingatkan akan adanya pembalasan menyusul rentetan serangan rudal Teheran terhadap Yerusalem seperti dikutip dari India Today. 

BACA JUGA:Takut Perang Regional Pecah, AS dan UE Larang Israel Serang Iran

Meskipun Iran tidak mengungkapkan lebih banyak tentang persenjataan apa itu, pertanyaan tentang nuklir masih menjadi perhatian di Timur Tengah sejak ketegangan meletus setelah Israel dilaporkan menyerang konsulat Iran di Suriah.

“Setelah akhir pekan ini, ancaman senjata nuklir yang dikerahkan dari dalam Iran ke Israel semakin mendekati kenyataan,” demikian laporan analisis Yayasan Pertahanan Demokrasi (FDD).

Para ahli mengatakan Iran kini semakin dekat dengan senjata nuklir dibandingkan kapan pun dalam sejarah negara tersebut.

BACA JUGA:Melijoker Lukai Diri dan Minum Cairan Pembersih Lantai Sebelum Gantung Diri, 4 Kali Percobaan Bunuh Diri

Program Nuklir Iran

Iran selalu mengklaim bahwa mereka tidak memiliki senjata nuklir dan juga menyangkal bahwa mereka berusaha menggunakan program nuklir sipilnya untuk menjadi negara bersenjata nuklir.

Namun, Israel telah lama menuduh Iran secara sembunyi-sembunyi membuat bom nuklir. Faktanya, dalam dua dekade terakhir, fasilitas nuklir Iran telah menjadi sasaran utama operasi khusus Israel.

Yang paling menonjol adalah pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh, yang dianggap sebagai "bapak" program senjata nuklir Iran, pada tahun 2021 menggunakan senapan mesin yang dimodifikasi yang dipasang pada peralatan robotik yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan.

Meskipun kemampuan nuklir Iran masih diselimuti misteri, terlebih lagi setelah AS menarik diri dari perjanjian nuklir tahun 2015, sebuah laporan dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan bahwa Teheran membuat uranium yang diperkaya dengan tingkat yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: india today