Sandiaga Uno Soroti Dampak Negatif Game Free Fire, Sepakat dengan KPAI dan LPAI

Sandiaga Uno Soroti Dampak Negatif Game Free Fire, Sepakat dengan KPAI dan LPAI

Menparekraf Sandiaga Uno soroti dampak game online-Free Fire menimbulkan kecanduan-Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti dampak dari game online dalam perkembangan ekonomi digital dan kreatif bagi anak-anak.

Hal itu sesuai dengan diskusi dan kesepakatan dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI). 

Dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (2/5/2024), Sandiaga Uno mengakui bahwa dampak game online menimbulkan kekerasan atau violence dan juga kecanduan bagi anak-anak.

Dia menyebutkan salah satunya yakni game online Free Fire. 

BACA JUGA:Hati-Hati, Data Pengguna Game Online Berpotensi Dimanfaatkan Pihak Ketiga

Menurut laman resmi Garena, Free Fire adalah game seluler battle royale multipemain, dikembangkan dan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS.

Pemain akan mengasah keterampilan reaksi cepat. Pemain juga akan belajar untuk membuat keputusan dengan cepat, mengambil langkah-langkah yang efektif, dan menghadapi tantangan dalam waktu nyata.

Meski begitu, Sandiaga Uno mendapatkan berbagai laporan dari para orangtua yang mengeluh anaknya kecanduan game tersebut.

Salah satunya, orangtua yang memegang tangannya ketika Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Bogor, Jawa Barat. 

“Pengalaman juga, tangan saya dipegang ibu2 di Bogor, menyampaikan anaknya kecanduan main game free fire, merusak masa depannya, Karena dia mulai pinjam uang dari teman-temannya, menghabiskan dana yang banyak,” katanya kepada wartawan di Jakarta dalam Jakarta Future Forum. 

Sandiaga mengatakan pihaknya menunggu laporan kajian resmi tertulis dari KPAI dan LPAI terkait hal ini.

BACA JUGA:Fakta Pria Cekik Tetangga Hingga Tewas di Depok, Game Online Picu Emosi

Hal itu kemudian akan dikolaborasikan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

“Kita bangun ekonomi digital termasuk industri game, tapi ada dampak-dampak yang tidak kita inginkan ya dari game online. Salah satunya adalah kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur, saya mendapatkan keluhan dari KPAI dan LPAI, di mana ada satu game namanya free fire, yang menimbulkan kekerasan dan juga kriminalitas anak-anak di bawah umur,” ucap Sandiaga Uno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: