Gerakan Pangan Murah untuk Stabilkan Harga Bawang Merah Digulirkan

Gerakan Pangan Murah untuk Stabilkan Harga Bawang Merah Digulirkan

Gerakan pangan murah untuk komoditi bawang merah digulirkan Bapanas.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk komoditi bawang merah turut digulirkan.

Diketahui, Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengoordinasikan GPM sejak 29 April hingga 8 Mei dan dimasifkan pada 63 titik area Jakarta dan 2 Pasar Mitra Tani Hortikultura (PMTH).

GPM sendiri sebagai salah satu instrumen stabilitator pangan nasional secara berkelanjutan dilaksanakan pemerintah bersama segenap stakeholder pangan.

BACA JUGA:Pasar Murah Bakal Digelar di 63 Titik di Jakarta Demi Stabilkan Harga Bawang Merah, Ini Lokasinya

"Sesuai arahan Bapak Kepala Badan Pangan Nasional, kita mengadakan GPM, khususnya bawang merah, dalam menyikapi harga yang dalam waktu 2 minggu terakhir mengalami kenaikan cukup tinggi. Ini menjadi salah satu bentuk kehadiran pemerintah kepada masyarakat untuk memberikan bahan pangan pokok dengan harga yang lebih murah dan terjangkau," ujar Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) NFA Maino Dwi Hartono saat melakukan monitoring pelaksanaan GPM di Kantor Kelurahan Kalibata dan Susukan pada Jumat 03 Mei 2024.

Maino menambahkan, program ini merupakan kolaborasi NFA bersama Kementrian Pertanian, Pemprov Jakarta, BUMN, BUMD, beserta Champion Bawang Merah binaan Kementan.

"Tersedia lengkap ada 9 bahan pokok ya. Silakan masyarakat dapat mengunjungi GPM yang kami adakan. Ini masih sampai 8 Mei mendatang. Tentunya selain bawang merah, masyarakat bisa juga membeli komoditas pangan lainnya seperti beras, telur ayam, cabai merah keriting, cabai rawit merah hingga minyak goreng," ujar Maino.

Sebelumnya, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, harga bawang merah akan mengalami penurunan dalam satu bulan ke depan. Hal itu diungkapkannya dalam keterangan pers di Istana Negara pada Rabu 24 April 2024.

"Jadi bawang merah itu dalam 30 hari, 40 hari ke depan kondisinya akan baik," ujar Arief.

Adapun tren harga bawang merah dalam sepekan terakhir telah mengalami penurunan. Berdasarkan Panel Harga Pangan NFA per 29 April sampai 2 Mei 2024, rata-rata harga bawang merah nasional sebesar Rp 50.830 per kg. Ini mengalami penurunan dibandingkan pekan sebelumnya dimana rata-rata nasional mencapai Rp 52.920 per kg. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: