Pasar Murah Bakal Digelar di 63 Titik di Jakarta Demi Stabilkan Harga Bawang Merah, Ini Lokasinya

Pasar Murah Bakal Digelar di 63 Titik di Jakarta Demi Stabilkan Harga Bawang Merah, Ini Lokasinya

Gerakan Pangan Murah demi stabilkan harga bawang merah-Bakal digelar di 63 titik di Jakarta-Bapanas

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam upaya stabilisasi bawang merah, Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) beserta stakeholder pangan lainnya siap menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di wilayah Jakarta.

Mulai dari tanggal 29 April sampai 8 Mei, sebanyak 63 titik lokasi plus 2 Pasar Mitra Tani Hortikultura (PMTH) akan menyediakan bawang merah jenis Batu Ijo, Bima Brebes, dan Brebes Super dengan harga yang terjangkau.

"Komitmen pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan terus kita laksanakan secara kolaboratif. GPM bawang merah untuk wilayah Jakarta ini merupakan bentuk kerja sama Badan Pangan Nasional dengan Kementan beserta stakeholder pangan lainnya. Melalui operasi pasar murah yang masif dalam beberapa hari ke depan, kita harap bisa menekan gejolak bawang merah yang belakangan ini menjadi perhatian masyarakat,” Ujar Kepala NFA Arief Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (27/04).

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan dan Swasembada, Polri Bersama Kementan Teken MoU

Arief melanjutkan, kenaikan harga bawang merah yang terjadi sejak Hari Raya Lebaran terjadi disebabkan karena adanya banjir di Jawa Tengah, yang memang merupakan sentra produksi bawang merah.

Diketahui, sekitar 7.500 hektar yang terdampak banjir dan ada juga sekitar 2.500 hektar yang mengalami kerusakan, sehingga potensi kehilangan produksi bisa sekitar 25 ribu ton.

Selain itu, Arief menambahkan bahwa adanya keterbatasan tenaga kerja baik di produksi, distributor sampai di pasar jelang dan beberapa hari usai Lebaran.

BACA JUGA:Kisah Haru Ibu dan Anak Bertemu di DBL Camp 2024: Mimpi Bermain di DBL Arena Bermula dari Lapangan Juanda (2)

"GPM bawang merah ini untuk menggelontorkan stok ke daerah konsumsi tinggi seperti Jakarta. Jadi nanti masyarakat bisa membeli dengan harga lebih terjangkau karena ini langsung dari petani untuk rakyat. Proyeksinya dalam 30 sampai 40 hari mendatang, bawang merah sudah stabil kembali," pungkas Arief.

Dalam GPM ini akan tersedia bawang merah dengan kemasan 0,5 dan 1 kilogram (kg).

Bawang merah Batu Ijo dapat dibeli dengan harga Rp 25 ribu per kg, bawang merah Bima Brebes di Rp 35 ribu per kg, dan bawang merah Brebes Super di Rp 40 ribu per kg.

Masyarakat yang berkunjung ke GPM juga dapat memperoleh komoditas pangan lainnya seperti beras, minyak goreng, gula konsumsi, telur ayam, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging ayam, dan daging sapi beku.

BACA JUGA:Gelar Ramadan Ceria Pangan, NFA Gencarkan Edukasi Selamatkan Pangan

Adapun detail lokasinya antara lain GPM pada 29 April di Jakarta Barat akan ada di Kantor Kelurahan Joglo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: