Sri Mulyani Muncul di Bursa Cagub Pilkada Jakarta, Prof Lili Romli: Lebih dari Cukup

Sri Mulyani Muncul di Bursa Cagub Pilkada Jakarta, Prof Lili Romli: Lebih dari Cukup

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pandangan dalam suatu kesempatan.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam persaingan sengit di bursa pemilihan gubernur Jakarta, nama Menteri Keuangan Sri Mulyani telah muncul sebagai calon yang dipertimbangkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Profesor Lili Romli, menyebutkan bahwa Jakarta masih menjadi pusat politik yang penting kendati tidak lagi menjadi ibukota negara.

"Kondisi itu lalu banyak bursa cagub dari berbagai tokoh politik untuk cagub jakarta, termasuk di dalamnya Sri Mulyani yang masuk bursa cagub dari PDIP," katanya saat dikonfirmasi, 9 Mei 2024.

BACA JUGA:Sri Mulyani Tegaskan Tak Ada Perubahan Signifikan dalam Anggaran Bansos

Sri Mulyani, dengan latar belakangnya sebagai Menteri Keuangan yang populer di era Jokowi, adalah salah satu tokoh yang masuk dalam bursa calon gubernur dari PDIP.

"Sebagai menteri keuangan sebanyak tiga kali merupakan prestasi tertinggi bagi karir politiknya. Saya kira itu lebih dari cukup," ucapnya.

Atas pertimbangan itu, Romli menilai Sri Mulyani tidak akan melanjutkan karir politik. Menurutnya, pengabdiannya dilanjutkan dengan mengajar di UI lagi dan program kemanusiaan lagi.

"Pengabdiannya sebagai menteri keuangan sudah merupakan prestasi tertinggi dalam karir politiknya. Saya kira itu sudah lebih dari cukup," ujar Profesor Lili Romli. 

Meski demikian, muncul pertanyaan apakah Sri Mulyani sendiri bersedia untuk maju sebagai calon gubernur. 

BACA JUGA:Airin Merapat ke Partai Politik Lain Setelah Dapat Mandat Golkar, Prof Lili Romli: Koalisi Masih Dinamis

Namun, jika Sri Mulyani masih mempertimbangkan untuk memegang kekuasaan, menjadi calon gubernur Jakarta bisa menjadi jalan untuk tetap berada dalam lingkaran kekuasaan.

"Tapi bila dia memang masih ingin mengejar lagi kekuasaan, cagub Jakarta memang pintu masuk atau jalan untuk tetap memiliki kekuasaan," tutupnya.

Saat ini, Sri Mulyani belum memberikan pernyataan resmi terkait niatnya untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: