Menag Apresiasi Pemerintah Saudi Tambah Layanan Fast Track Jemaah Haji

Menag Apresiasi Pemerintah Saudi Tambah Layanan Fast Track Jemaah Haji

Menag Yaqut Cholil Qoumas angkat bicara soal UKT-Dok. Kemenag-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut mengapresiasi pemerintah Arab Saudi karena telah memberikan dan menambah layanan fast track bagi jemaah haji Indonesia.

Dia menyampaikan apresiasi tersebut saat meninjau layanan fast track di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sekaligus melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia.

BACA JUGA:Para Pengantar Rela Ngemper dan Berjemur, Demi Lihat Calon Jamaah Haji Terakhir Kali

BACA JUGA:Momen Haru Calon Jamaah Haji Asal Serang, Latifah Cium Tangan Suami Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

“Ini ikhtiar besama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah. Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya,” kata Yaqut di Bandara Soetta, Minggu 12 Mei 2024.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

Mulanya fast track hanya dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Namun, mulai tahun ini, fast track juga dilakukan di Bandara Juanda Surabaya, dan Adi Soemarmo Surakarta. 

BACA JUGA:17 Mobil Antar Seorang Jamaah Asal Banten ke Asrama Haji, Keluarga Rela Nginap di Mobil

BACA JUGA:Kloter Pertama Berangkat, Menteri Agama Minta Jamaah Haji Luruskan Niat

Dia menjelaskan bahwa layanan fast track dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan, baik Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. 

Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian (pre departure clearance), seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di Bandara Soetta, Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Menag berharap layanan fast track ini bisa mempermudah jamaah Indonesia.

"Semoga ini memberikan kemudahan, kebaikan, dan kelancaran bagi seluruh jemaah haji Indonesia,” ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: