Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Tiba di Madinah, Terdapat 79 Jamaah Haji Lansia

Kloter Pertama Embarkasi Jakarta Tiba di Madinah, Terdapat 79 Jamaah Haji Lansia

Jamaah lansia turun dari bus dibantu oleh petugas haji di depan Hotel Abraj Tabah, Madinah.--Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Kebahagiaan terpancar di wajah jamaah haji kloter i Embarkasi Pondok Gede, Jakarta, yang mendarat di Bandara Amir Mohammad bin Abdulazis (AMMA), Madinah. Minggu, 12 Mei 2024, pukul 07.47 Waktu Arab Saudi, pesawat Garuda Indonesia yang membawa 393 jamaah mendarat.

Begitu tiba di bandara, para jamaah tidak melewati pemeriksaan apapun. Mereka langsung diarahkan ke bus untuk diantar ke Hotel Abraj Tabah. Ini karena jamaah dari Embarkasi Pondok Gede salah satu yang mendapat fasilitas fast track


Jamaah kloter I Embarkasi Pondok Gede Jakarta turun dari bus di Hotel Abraj Tower, Madinah. --Media Center Haji

Dengan fasilitas fast track, semua pemeriksaan imigrasi Arab Saudi dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta. Termasuk pemeriksaan barang dari bea cukai Arab Saudi. Begitu para jamaah naik pesawat, dianggap sudah masuk ke wilayah hukum Arab Saudi. 

BACA JUGA:Menag Apresiasi Pemerintah Saudi Tambah Layanan Fast Track Jemaah Haji

BACA JUGA:Kloter Pertama Berangkat, Menteri Agama Minta Jamaah Haji Luruskan Niat

"Banyak di antara jamaah dengan usia di atas 70 tahun Saya kira dengan cara fast track seperti ini sangat terbantu karena mereka tidak perlu lama-lama antre di airport," ujar Dubes RI di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad setelah menyambut kedatangan jamaah asal Jakarta di Bandara AMMA Madinah. 

Total ada 79 lansia yang di antara jamaah haji kloter pertama tersebut. Mereka adalah jamaah yang usianya di atas 65 tahun. Yang tertua berusia 93 tahun, yakni Ardi Kinan dari Jakarta Barat. Sedangkan jamaah haji termuda adalah Zulfikar Muhammad Khairudin, juga dari Jakarta Barat.


Jamaah haji lansia dibantu petugas masuk ke Hotel Abraj Tabah di Madinah.--Media Center Haji

Di antara 79 jamaah lansia itu 12 di antaranya membutuhkan kursi roda. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan petugas khusus untuk melayani lansia dan difabel. Bahkan seluruh petugas haji telah diberi pelatihan khusus untuk melayani lansia. 

BACA JUGA:Rumah Makan Padang di Dekat Masjid Nabawi, Jamaah Haji Bisa Cicipi Rendang Unta

BACA JUGA:Tinjau Dapur Katering Haji di Madinah, Menag Minta Selalu Ada Menu Tempe dan Tahu

Di setiap seragam petugas haji juga ada emblem bertulisan Haji Ramah Lansia. Ini untuk mengingatkan petugas agar mereka selalu mengutamakan pelayanan untuk lansia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga meminta para petugas melayani para lansia seperti melayani orang tua sendiri.

Di hari yang sama akan ada 7.206 jamaah haji yang mendarat di Madinah. Mereka berasal dari berbagai embarkasi di Indonesia. Para jamaah ini ditempatkan di hotel-hotel yang ada di seputaran Masjid Nabawi. Hotel terdekat berjarak 50 meter dari gerbang 338 Masjid Nabawi. Dan yang terjauh hanya berjarak 400 meter dari gerbang Masjid Nabawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: