Israel Diprotes Palestina, Indonesia U23 Bisa Gantikan Ikut Olimpiade 2024

Israel Diprotes Palestina, Indonesia U23 Bisa Gantikan Ikut Olimpiade 2024

Israel Diprotes Palestina, Indonesia U23 Bisa Gantikan Ikut Olimpiade 2024-AFC-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Meski kalah dari Guinea di babak playoff, timnas Indonesia U23 tiba-tiba mendapat kesempatan mengikuti sepak bola putra Olimpiade 2024.

Alasan dibalik hal ini adalah Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) baru-baru ini mengajukan proposal untuk menghapus Federasi Sepak Bola Israel dari keanggotaan FIFA menyusul konflik baru-baru ini antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. 

BACA JUGA:Israel Terancam Dicabut Keanggotaan FIFA Terkait Konflik Palestina, Timnas Indonesia Berpeluang ke Olimpiade Paris

BACA JUGA:Veddriq Juara di IFSC Climbing Olympic Qualifier Shanghai, Panjat Tebing Selangkah Lagi Tambah Tiket Olimpiade Paris

Usulan ini dengan cepat mendapat dukungan dari sejumlah negara Muslim di Asia dan Afrika, termasuk Aljazair, Irak, Yordania, Suriah, dan Yaman. 

Dan jika terkena sanksi, Israel terancam kehilangan hak untuk menghadiri pertandingan sepak bola putra Olimpiade Paris 2024.

Saat ini Israel tergabung dalam satu grup dengan Jepang, Paraguay, dan Mali.

Pada kongres yang berlangsung di Bangkok (Thailand) Jumat 16 Mei 2024 lalu, Presiden Gianni Infantino menyampaikan kepada pers bahwa FIFA sedang bersiap untuk mengambil keputusan mengenai larangan Federasi Sepak Bola Israel. 

BACA JUGA:Panjat Tebing Berpeluang Tambah 2 Tiket Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Atlet Angkat Besi Rizky Juniansyah Latihan Ekstra Jelang Olimpiade Paris 2024

“Karena sensitivitas yang jelas dari masalah ini, FIFA akan menugaskan seorang ahli hukum independen untuk menganalisis dan mengevaluasi tiga permintaan yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Palestina dan memastikan bahwa undang-undang dan peraturan FIFA diterapkan dengan benar,” ujar Gianni.

“Tentu saja, untuk memastikan proses yang adil dan merata, tinjauan hukum ini harus mempertimbangkan masukan dan keluhan dari kedua asosiasi anggota,” tambahnya.

Menanggapi usulan Palestina, FIFA berencana menggelar pertemuan darurat pada 20 Juni 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Rosan Roeslani Yakin Olimpiade Paris Bakal Jadi Penentu Sukses 3 Target Utama Angkat Besi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: