Benarkah Dosa Zina Bisa Dihapus dengan Puasa Arafah? Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Tidak Seperti Itu!

Benarkah Dosa Zina Bisa Dihapus dengan Puasa Arafah? Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Tidak Seperti Itu!

Benarkah Dosa Zina Bisa Dihapus dengan Puasa Arafah? Ustadz Syafiq Riza Basalamah Bilang Begini-Syafiq Riza Basalamah Official-YouTube Channel

JAKARTA, DISWAY.ID - Apakah dosa zina bisa dihapuskan dengan cepat apabila seorang muslim melaksanakan ibadah puasa arafah?

Sudah banyak mungkin menjadi pertanyaan di dalam kepala sendiri tentang terhapusnya dosa-dosa besar dengan puasa arafah.

Akan tetapi apakah benar dosa besar termasuk zina mampu dihapuskan dengan melakukan puasa arafah selama sehari?

Pasalnya puasa arafah diyakini mampu menghamous dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang.

BACA JUGA:

Berdasarkan hadis dari sahabat Abu Qatadah, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya mengenai puasa Arafah dan puasa Asyuro.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Beliau menjawab, "Puasa satu hari Arafah, saya berharap kepada Allah akan menghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya. Dan puasa hari 'Asyura', saya berharap kepada Allah akan menghapus dosa satu tahun sebelumnya" (HR. Muslim, no 1162).

Dari hadis ini, kita memahami bahwa puasa Arafah memiliki keutamaan dalam menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.

Kemudian muncul pertanyaan lain, apakah puasa arafah bisa mengahpuskan dosa besar seperti zina?

BACA JUGA:

Atau bahkan ada yang mungkin sampai 'sengaja' berbuat dosa karena telah melaksanakan ibadah sunnah puasa arafah karena meyakini segala dosa sudah atau akan diampuni selama setahun ke depan.


Puasa Arafah Sehari Bisa Dapat Ampunan 2 Tahun, Amalan Ini Sangat Istimewa---Freepik

Mengutip hadis dari Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, 8/51 dijelaskan bahwa puasa Arafah akan menghapus dosa selama dua tahun bagi orang yang melaksanakannya, baik dosa kecil maupun besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: