Jika Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Bakal Jadi Ancaman Buat Bobby Nasution?

Jika Ahok Maju Pilkada Sumut 2024, Bakal Jadi Ancaman Buat Bobby Nasution?

Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok masuk radar Cagub Sumut--YouTube Panggil Saya BTP

JAKARTA, DISWAY.ID - Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal dengan nama Ahok, mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan tawaran dari PDI Perjuangan (PDIP) untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Sumatera Utara mendatang. 

Tawaran ini memicu spekulasi di kalangan politik, apakah penugasan Ahok di Sumatera Utara bertujuan untuk menghalangi langkah Bobby dalam Pilgub tersebut.

"Menarik sekali jika Ahok maju sebagai cagub di Sumut. Bisa jadi memang menjadi ancaman bagi Bobby, jika Ahok mengambil pasangan dari etnis Melayu," kata Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Profesor Lili Romli, saat dikonfirmasi, Minggu  26 Mei 2024.

BACA JUGA:Nama Ahok Masuk Radar Cagub Sumut, Ini Kata Ketua DPD PDIP

Selain itu, Romli juga menekankan pentingnya memperhitungkan petahana, Eddy Rahmayadi, yang kemungkinan besar akan maju kembali dalam Pilgub ini. 

"Dengan demikian, kompetisi Pilgub Sumut akan menjadi dinamis. Pemilih disodorkan banyak calon alternatif bagi kepemimpinan Sumut ke depan," ucapnya.

Menurutnya, rakyat Sumatera Utara tetap menjadi penentu utama siapa yang pantas memimpin provinsi tersebut. 

BACA JUGA:Sudah Tak Sejalan, Ahok Sempat Izin Ke Megawati Untuk Keluar Dari Pertamina

"Tentu saja, penentu utama rakyat Sumut siapa yang pantas menjadi pemimpinnya," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon mengatakan bahwa pihaknya sangat yakin menang di Pilkada Sumatera Utara 2024 melawan Bobby Nasution. 

DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut) akan mempertimbangkan nama mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk diusung sebagai Calon Gubernur Sumut.

BACA JUGA:Respons Sekjen PDIP Hasto Saat Nama Ahok Mengemuka di Pilkada Jakarta dan Sumut

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon saat ditemui media di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei 2024.

Dia menambahkan bahwa nama Ahok juga masuk dalam radar mereka untuk diusung bersama dengan beberapa nama lainnya dan nantinya akan diseleksi sesuai dengan perkembangan politik di Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: