Dari Kunjungan Muhibbah ke Baghdad: Menghidupkan Spiritualitas Thariqat Al Qadiriyah di Dunia Modern

Dari Kunjungan Muhibbah ke Baghdad: Menghidupkan Spiritualitas Thariqat Al Qadiriyah di Dunia Modern

Prof M. Mas'ud Said bersama Syeich Afifuddin Al Jailani RA, tokoh sentral Darul Jailani International dan Al Wariseen Trust.--Dokumentasi Pribadi

Beberapa kali Syeich Afifuddin melawat ke Indonesia dan hadir dalam berbagai acara majelis dzikir, majelis ilmu dan acara keagamaan bahkan acara haul keluarga kami.

Kunjungan 6 hari ini kami manfaatkan untuk ziarah sekaligus meneladani kembali kehidupan para nabi yang hidup di Iraq misalnya nabi Yunus A.S, tempat kelahiran Nabi Ibrahim A.S, maqbaroh Sayyidina Husein di Karbala dan maqam Syeich Juned al Baghdadi dan petilasan Imam Abu Hanifah.

Sejak tahun 2022 lalu Syech Afifuddin  Al Jailani merupakan pimpinan otoritas tertingi yayasan maqam Syeich Abdul Qodir Al Jailani RA yang banyak dikunjungi kaum muslimin dari seantero dunia.


--Dokumentasi Pribadi

Adalah penting untuk menghidupkan jalur hubungan spiritualitas dari salah satu pusat peradaban Islam di Timur Tengah di jaman dinasti Abasyiyah tersebut abad ke-8 sampai abad ke-12 Masehi.

Saya yakin untuk menguatkan dan membangun bangsa kita tak hanya harus bekerja keras, dan bekerja cerdas, kita harus kuatkan riyadhoh atau menguatkan jalur spiritual. 

Tagline pengkajian Syeich Afifuddin itu tertera dalam media sosial majelis rutinnya yaitu "my morality, my religion" atau akhlakku yaitulah agamaku itu, agamaku itu ya akhlakku.

Itulah makanya, mesti kita bangun wasilah spiritual yang baik dengan orang orang khusus yang wara' dan terutama para penghulu iman dan ihsan di dunia modern.

Menguatkan Spritualitas Modern dan Spiritual Profesional Kepada Generasi Muda

Saya merasa beruntung tahun ini bisa diajak Bu Khofifah untuk berkunjung langsung ke makbarah imam besar thariqoh Al Qadiriyah yang masyhur itu. 

Hal ini memenuhi undangan Syeich Afifuddin Al Jailani yang saya kenal sejak lama secara pribadi dan sering hadir ke majelis di Indonesia.

Beliau memimpin majelis taklim dan sering mengirimkan link-link virtual acara pengkajian, beberapa ayat Al Qur'an yang akan dibahas dalam majelis ilmu rutinan beliau di Kuala Lumpur.

Secara spiritual dan bidang thoriqoh, diyakini bahwa banyak manusia modern yang yang semakin hari, makin tidak tahu ketidakpastian hidupnya, mudhorotnya dunia modern.

Islam adalah ajaran dan jalan hidup, "the way of life", kekuatan ummat Islam juga ada di ikhtiar batin disamping kesungguh sungguhan dan kejujuran.

Indonesia adalah pusat Muslim baru, dibanding apa yang terjadi zaman khulafaurrosyidin dan peradaban Cordoba di Spanyol-, yang bisa maju tapi tetap menjunjung tinggi adab agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: