Jokowi Buka SPBE Summit 2024 dan Luncurkan GovTech Indonesia

Jokowi Buka SPBE Summit 2024 dan Luncurkan GovTech Indonesia

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di Istana Negara, Jakarta.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia pada 27 Mei 2024 di Istana Negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan dalam pelaksanaan SPBE Summit itu telah dilakukan berbagai persiapan yang dimatangkan, termasuk koordinasi dan konsolidasi dengan kementerian atau lembaga terkait percepatan Layanan Digital Prioritas Terpadu.

“Kementerian PANRB selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kominfo, Kementerian PPN/Bappenas, BSSN, BRIN, BPKP, Perum Peruri, dan berbagai kementerian/lembaga lain termasuk BUMN dalam pelaksanaan SPBE Summit dan penyiapan GovTech,” ujar Anas di kantornya, Minggu, 26 Mei 2024.

BACA JUGA:Jokowi Resmi Teken Sistem Bayar Tol Tanpa Setop, Ada Sanksi Bagi yang Belum Mendaftar MLFF

Ia menjelaskan aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Sehingga GovTech yang akan diluncurkan Bapak Presiden besok ini bukan aplikasi atau platform, tetapi penyelenggara keterpaduan layanan karena selama ini instansi pemerintah memiliki layanan sendiri-sendiri yang membuat masyarakat harus mengunduh banyak aplikasi,” papar dia.

Sebagai informasi, SPBE Summit merupakan momentum dalam mendorong perkembangan layanan digital pemerintah berbasis pada kebutuhan masyarakat atau citizen centric. Acara ini digadang-gadang akan mengukir sejarah baru karena pemerintah akan meluncurkan Govtech sebagai penyedia solusi keterpaduan layanan digital pemerintah, mulai dari infrastruktur, portal nasional, hingga layanan digital publik prioritas.

Rangkaian acara SPBE Summit 2024 meliputi Peluncuran jenama (brand) penyelenggara keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah Indonesia, serta perkenalan rencana integrasi portal pelayanan publik dan portal administrasi pemerintahan. Ada juga penandatanganan komitmen pimpinan instansi Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Wanti-wanti Harga Minyak Dunia Naik Pasca Presiden Iran Meninggal, Apa Pengaruhnya?

Selain itu, ada sesi penghargaan anugerah 'Digital Government Award' kepada instansi pusat dan pemerintah daerah dengan pencapaian SPBE terbaik pada enam kategori penerapan SPBE, yaitu Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, dan Peningkatan Penerapan SPBE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: