Jelang Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, BPIP Lakukan Gladi Bersih

Jelang Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, BPIP Lakukan Gladi Bersih

Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina dan Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto saat ditemui meninjau kesiapan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda PHR Dumai, Riau, Kamis 30 Mei 2024. -Fandi Permana-

DUMAI, DISWAY.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan persiapan jelang Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di DUMAI, Riau. 

Untuk pemantapan persiapan, BPIP menggelar gladi bersih upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Kamis 30 Mei 2024. 

BACA JUGA:Wawancara Eksklusif dengan Try Sutrisno Jelang Hari Lahir Pancasila: Tantangan, Pandangan hingga Eksistensi BPIP Sebagai Pengawal Ideologi Bangsa

BACA JUGA:Mengintip Persiapan Upacara Harlah Pancasila di Pertamina Hulu Rokan, Peserta Lakukan Gladi Bersih

"Hari ini BPIP menggelar gladi bersih untuk upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024. Sesuai arahan Bapak Presiden, BPIP menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini di Blok Rokan, Riau, Dumai," ujar Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina kepada wartawan, Kamis. 

Rima mengatakan, upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Blok Rokan juga melibatkan unsur Forkopimda. BPIP berkolaborasi dengan Kodam Bukit Barisan yang diwakili Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Refizal sebagai perwira upacara.

Sementara yang bertindak sebagai komandan upacara yakni Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira dan Kasi Pers Kasrem 031/WB, Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto.

"Kemudian kita juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau, dan juga Wali Kota Dumai, dan juga dengan Pertamina Hulu Rokan tentu saja atas arahan dari Pertamina Pusat," ucap Rima.

BACA JUGA:Amankan Upacara Hari Lahir Pancasila, 1.200 Personel Gabungan Disiapkan Polda Riau

Senada dengan hal itu, Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto menambahkan, upacara Hari Lahir Pancasila turut dimeriahkan kesenian lokal. Upacara 1 Juni itu dimeriahkan dengan marching band dari Cendana Hulu Rokan perwakilan dari Pertamina Hulu Rokan. 

Tak hanya itu, peringatan Hari Lahir Pancasila dimeriahkan dengan Tari Kolosal Nusantara yang mengangkat tema Kampung Pancasila

"Lebih dari itu sebenarnya keunikan yang kita bangun adalah side event lain apa upacara puncak hari ini, sebenarnya sudah kita gelar kemarin di Jakarta. Jadi salah satunya ada Kirab Pancasila," tutur Tonny.

"Jadi Kirab Pancasila itu menampilkan seluruh aneka budaya yang ada di Indonesia yang merupakan mencerminkan bagaimana nilai kebinekaan itu dibangun," tambahnya.

BACA JUGA:Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Pemda Terus Matangkan Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: